Sunday, February 25, 2018

Berikan Tamu Kita Senyuman Terindah (Give our guest a beautiful smile)

Pengertian secara umum mengenai kepuasan atau ketidakpuasan seseorang merupakan hasil dari adanya perbedaan –perbedaan antara harapan seseorang dengan apa yang dirasakan oleh orang tersebut. Iklan yang bagus akan tetapi berbeda dengan kenyataannya adalah salah satu contoh yang membuat orang tidak puas akan apa yang diiklankan tersebut. Beberapa daerah di Indonesia telah menjadi daerah kunjungan wisata karena bentangan alam dan adat istiadat yang berwarna - warni sebagai daya tariknya serta satu hal yang paling penting adalah karena orang Indonesia memiliki senyum yang sangat indah. 

In general, understanding of person's satisfaction or dissatisfaction is the result of someone's expectations on something. Good advertisement but different from its reality is one such example of what made someone disappointed on something promoted through that advertisement. Some areas in Indonesia has become a tourist destinations because of the colorful landscape and customs as one of important thing available and the most important is that Indonesian people have a very beautiful smile.

nyuun-banten

Senyum yang sangat indah itu muncul dari dalam hati setiap warganya. Wajah orang Indonesia adalah wajah - wajah yang penuh dengan kepolosan dan keceriaan. Ibarat melihat warna yang cukup indah berwarna warni, seperti itulah wajah - wajah orang Indonesia. Akan tetapi beberapa dekade terakhir, wajah - wajah itu mulai memudar menghilang digantikan wajah - wajah benci, bengis dan menakutkan.

A very beautiful smile that emerged from the heart within of every citizen. Face of Indonesian is full of innocence and joy. Like to see the beautiful colors are colorful, that is the beauty face of Indonesia. But the last few decades, that face began to fade away replaced by the face of hate, violent and scary.

tersenyumlah 1

Alam akan kehilangan keindahaannya apabila tidak dibarengi oleh orang - orang yang tidak mau tersenyum. Begitu pula sebuah pelayanan akan terasa indah jika dilakukan dengan senyuman. Segarnya senyuman seperti segarnya embun di pagi hari. Filiphina pernah mengalami kehancuran di dunia pariwisatanya sejak penduduknya melupakan budaya tersenyum.

Nature will lose its beauty if accompanied by people who do not want to smile. Similarly, a service would be wonderful if done with a smile. Fresh smile is like the fresh droplets of the morning's dew. Philippines has experienced a long low seasons in world of tourism due to ignorance of people in smiling culture.

Ayo kita jaga budaya tersenyum. Perbedaan boleh ada, jangan sampai wajah - wajah tersenyum kita hilang terpengaruh oleh perbedaan yang ada. Perlu diingat orang - orang berkunjung ke suatu tempat sebagai tamu karena mereka sungguh mengagumi tempat itu karena merasa seperti tempat tinggal atau rumahnya sendiri. Mereka akan berkunjung dan berkunjung terus bukan karena keindahan alamnya akan tetapi karena keramahtamahan penduduknya yang membuat mereka merasa nyaman untuk berkunjung.
bali-8

Let keep the smiling culture. The differences of culture may exist, but never lose our smiling faces which affected by that differences. Keep in mind that someone visiting a place as a guest because they truly admire that place as their second residence or home. They will continue to visit and the reasons of revisit not only for its natural beauty but because the hospitality of the people who make them feel comfortable to visit.
Tersenyumlah

Bagi yang tidak bisa tersenyum, belajarlah tersenyum mulai sekarang sebelum terlambat. Tersenyum menambah umurmu satu hari. Coba buktikan !
For those who can not smile, learn to smile from now before it's too late. Smiling could add your one day life. Prove it!
Artikel :Ketut Rudi Utama
Photo : Ketut Rudi & Lelly Jeane
Model: Domi Djami Wadu, Dayu Wulan
 Location : Bedugul Bali Indonesia



Song : Teddy Pendergrass - Turn Off The Lights 

No comments:

Post a Comment