Saturday, January 23, 2016

Permainan Memanjat Dapat Dilakukan Dimana Saja (Climbing Game Can Do Anywhere)

Memanjat pohon itu sangat sulit saya lakukan sekarang. Tubuh saya sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Saya sangat senang melihat anak saya memanjat sebuah pohon dan memang kebanyakan orang tua pasti merasa cemas jika anak-anak mereka melakukan hal yang berbahaya. Orang dewasa atau remaja yang sehat dan sering berolahraga dapat memanjat pohon tanpa bantuan alat. Mungkin bisa diartikan bahwa seseorang yang tidak sehat atau jarang berolahraga, maka akan susah memanjat pohon. Jangankan memanjat pohon, menuruni tangga saja pasti tidak kuat.

memanjat di kupang baratClimbing a tree is a difficult thing for me now. My body is not what it used to be. I am very happy to see my son climbing a tree and indeed most parents would feel worried for when their children do something dangerous. Adults or adolescents who are healthy and often exercising  can climb trees without the aid of tools. Maybe it means that someone who is not healthy or rarely on conducting exercise, then they will face difficulty on climbing trees. And not only that, down the stairs certainly not strong enough.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of North Florida menunjukkan bahwa mereka yang suka memanjat pohon akan memiliki tingkat memori lebih baik dibanding yang tidak. Penelitian difokuskan pada kegiatan usaha manusia dalam melindungi dirinya secara dinamis. Prasangka adalah kemampuan seseorang untuk merasakan posisi tubuh dan gerakan yang dilakukannya. Kegiatan ini juga melihat keterampilan motorik seseorang. Penelitian ini melibatkan orang dewasa usia 18-59 untuk melakukan kegiatan seperti memanjat pohon, berjalan tanpa alas kaki, dan berjalan meniti balok keseimbangan. Peneliti mengecek memori di otak sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. (Sumber : Tribun Kaltim)

Results of research conducted by the University of North Florida showed that those who love to climb trees will have a better memory than those who do not. Research focused on dynamic protectively activities. Preconception is the ability to sense position and movement of the body. This activity were also showing motor skills of a person. The study involved adults aged 18-59 to do activities such as climbing trees, walking barefoot, and walks pursuing a balance beam. Researchers checked the memory in the brain before and after conducting the activities. (Source: Tribune Kaltim)

memanjat 2

Saya hidup didesa dan untuk memetik pepaya dipekarangan rumah maka orang tua menyuruh saya untuk memanjatnya. Di desa memanjat pohon adalah sebuah kebutuhan jadi orang tua hanya memberikan arahan bagaimana cara memanjat pohon yang baik dan waktu yang tepat untuk memanjat pohon tersebut. Baru saya sadari sekarang bahwa memanjat itu adalah aktifitas yang berguna.

I was living in a village and to pluck papaya in the yard of my house, my parents told me to climb the tree. In the village, tree climbing is a necessity so parents only gave guidance on how to climb a tree and time to climb a tree. I realize now that climbing is a useful activity.

memanjat di kupang barat

Pekerjaan memanjat bukan lagi merupakan seuatu yang menakutkan pada saat itu bahkan merupakan sebuah kewajiban yang memaksa saya menjadi berani untuk melakukannya. Dan mungkin bagi kebanyakan anak-anak di daerah pedesaan.

Climbing was no longer a scary thing at the time and even was an obligation that compels me brave to do it. And probably for most children in rural areas.

memanjat di kupang barat

Bahkan dalam permainan petak umpet, saya sering memanjat pohon untuk bersembunyi agar tidak ditemukan. Baru sekarang saya sadar bahwa kegiatan itu berbahaya dan pasti membuat orang tua saya merasa cemas. Namun syukur bahwa saya masih baik-baik saja sampai sekarang.

Even in a game of hide and seek, I was climbing a tree to hide in order not to be found. And now I realize that it was a dangerous activity and certainly made my parents feel anxious. But gratitude that I am fine till now.

memanjat di kupang barat

Oleh sebab itu, sekarang saya harus mengajarkan kepada anak-anak saya sebelum mereka melakukannya sendiri tanpa pengawasan saya. Mungkin saja dia akan bermain permainan yang sama dengan apa yang saya lakukan bersama teman-temannya.

Therefore, now I have to teach my kids before they do it alone without my supervision. Maybe he will play the same game to what I did together with his friends.

memanjat di kupang barat

Ada permainan memanjat di sejumlah arena bermain anak-anak yang terbuat dari besi sangat disukai oleh anak-anak. Namun berhubung saya menyukai perjalanan wisata dan kebanyakan dari pekerjaan saya adalah di lapangan maka lebih baik mengajak anak saya bermain memanjat di alam saja. Geratis tidak mengeluarkan biaya.

There are climbing arena in many of children's playground which made of iron and highly favored by children. However, since I love travel and most of my work is in the field, then better I urge my children to climb. Totally free with no cost needed.


memanjat di kupang barat

Tentunya setelah dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap pohon ataupun benda-benda alam yang akan dipanjat. Diperiksa agar terbebas dari binatang buas, duri dan benda-benda tajam dibawahnya mengingat memanjat adalah salah satu permainan yang beresiko dan memerlukan pengawasan orang tua.

Surely after checking in advance the conditions of the tree or natural objects that will use for climbing objects. Inspected free of wild animals, thorns and sharp objects underneath, and remember climbing is one of the games that are at risk and require parental supervision.

memanjat di kupang barat

Anak saya ternyata menyukai aktifitas memanjat. Apakah kedepannya dia akan menjadi seorang pemanjat tebing?. Saya tidak tahu dan pasrahkan saja akan menjadi apa dia kedepannya. Seperti pepatah mengatakan "Sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh pula". Hanya satu yang saya takutkan yaitu jatuh pada saat memanjat.

My son turned out love on climbing. Whether the future he will be a rock climber ?. I do not know and let it be what will be for his future. As the proverb says "a clever squirrel jumps must have fallen anyway". Only one that I fear is falling when climbing.



Article and Photos by Ketut Rudi 
Model : Putu Rias   

No comments:

Post a Comment