Sunday, February 28, 2016

Apakah Kamu Cemburu?, Bacalah Puisi Ini ! (Are You Jealous ?, Read This Poetry !)

Aku Cemburu "I'm Jealous"
Aku cemburu dengan kelompokmu. Aku cemburu dengan keindahanmu dan warnamu. Aku benci melihatmu, tapi warnamu membuat hatiku ingin terus melihatmu. Engkau tidak mau bertumbuh disampingku. Engkau tumbuh di tempat - tempat mewah diseluruh belahan dunia.

I'm jealous of your group. I'm jealous of your beauty and your color. I hate to see you, but your color makes me keep to continue to see you. You do not want to grow up next to me. You grow in fancy places around the globe.

flower molina4

Aku cemburu melihat bentukmu yang manis, mungil, berwarna - warni ibarat pelangi. Aku cemburu melihat setiap hari kamu dicium oleh gadis - gadis cantik atau pemuda - pemuda tampan. Dan aku tidak mengerti kenapa kamu digunakan untuk simbol percintaan mereka bukan aku.

I'm jealous by your form that sweet, tiny, colorful like a rainbow. I envied every day you kissed by pretty girls or handsome young man. And I do not understand why they used you for their love  symbols instead of me.

flower molina5

Aku cemburu melihatmu setiap pagi dikunjungi kupu - kupu indah dan lebah - lebah yang cantik. Aku hanya dikunjungi oleh pemulung - pemulung berpakaian compang - camping dan segerombolan kucing kota mencari tikus yang bersembunyi di kamarku.

I'm jealous when seeing you every morning visited by beautiful butterfly and cute funny bees. I only visited by rags dressed  scavengers and a bunch of city cats looking for a rat hiding in my room.

flower molina7

 Aku cemburu melihatmu dipuja dan dipuji karena keahlianmu menghasilkan madu. Aku dicaci dan dimaki di semua media karena aku menjadi penyebab penyakit dan banjir yang melanda kota.

I'm jealous to see you revered and praised for your ability in producing honey. I was mocked and reviled in all media that I am the cause of disease and flooding that hit the town.

flower molina8

Aku cemburu melihatmu berdiri anggun di muka  podium dibandingkan aku yang dibuang jauh - jauh dari podium itu. Tidak ada yang mau duduk didekatku kecuali terpaksa.

I'm jealous to see you standing in front of the podium gracefully than I dumped away  far away from the podium. No one intended to sit near me unless forced.

flower molina6

Aku cemburu karena aku sampah, bau busuk ku hanya dinikmati oleh sekelompok lalat hitam penuh penyakit. Tidak satu orang pun melihatku. Aku dibakar dan dilokalisasi. Aku hanya setumpuk sampah yang hidup bersama tikus dan lalat. Barang -barang bergunaku diambil oleh sekelompok pemulung dan hanya disisakan barang - barang yang tidak berguna untuk dibakar. Aku sampah cemburu kepadamu wahai bunga. Jika ada satu dari kelompokmu tumbuh dipinggir jalan, biarkan asap -asap mobil itu membuatmu layu dan mati dideru debu.

I was jealous because I was a rubbish, my disguising  smell  only be enjoyed by a group of black flies full of disease. No one is likely to see me. I burned and localized. I'm just a pile of junk that live with rats and flies. My goods  taken by a group of scavengers and only spared useless goods  that are useless to burn. I'm rubbish jealous of thee, O flower bins. If one of your group is growing along a road, let  the car smoke make you wither and die exposed by a dust.

 Poet by Ketut Rudi Utama
 Photo by : Molina Olivia Utama    

No comments:

Post a Comment