Sunday, February 28, 2016

Kasih Sayang Orang Tua Adalah Segala-galanya (Affection Of Parent Is Everything)

Dulu waktu belum menikah dan belum memiliki anak tidak terbayang apa yang telah dilakukan oleh orang tua kepada saya anaknya. Sampai beranjak remaja pun masih saja mereka para orang tua menelpon saya untuk sekedar menanyakan kabar. Sebegitu besar kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

In the past time when I was single and had no children, I can not imagine what has been done by my parents to me as their children. Until in the adolescence time they were keep calling me just to say hello. What a magnitude love of parents for their children.

ajari anak ini dan itu1

Tatkala saya telah menikah dan memiliki anak, barulah saya mengerti susahnya membesarkan anak. Dan kadangkala terbesit dibenak saya pengalaman waktu kecil dulu bersama orang tua tatkala saya berada bersama anak saya seolah-olah melihat sebuah kilas balik yang sangat bermanfaat. Hal ini menandakan bahwa pengalaman waktu kecil bersama orang tua dulu adalah pengingat dan menjadi rambu pada setiap orang dewasa yang baru memiliki seorang anak.

When I married and had a child, then I understand the difficulty on raising children. And sometimes flash in my minds my experience long time ago as a child when playing with my parents at the time I was playing with my children as if seeing a very helpful flashback . This indicates that the experience of a child with their parent  is a reminder and signs for every adult who new in having a child.

ajari anak ini dan itu5

Oleh sebab itu, minimal sempatkan diri anda dalam seminggu melepas segala kesibukan anda untuk berkumpul bersama keluarga terutama anak anda, sebab kelak anak - anak kita akan bertumbuh menjadi dewasa dan mengingat kembali apa yang telah mereka dapatkan bersama orang tuanya.

Therefore, a minimum of a week of your time to let go of your busy schedule to take time on gathering with family, especially your children, because  in the future - our children will grow up into adult and recall what they have experienced with their parents.

ajari anak ini dan itu2

Orang tua saya sekarang menjadi seorang kakek dan seorang nenek. Tentunya dengan keberadaan cucu membuat mereka tambah senang dan bahagia. Saya belum menjadi seorang kakek entah apa yang mereka rasakan sekarang. Namun setiap mereka bertemu dengan anak saya, maka orang tua saya selalu memberikan kasih sayang yang lebih besar dibandingkan dengan kasih sayangnya kepada saya anaknya. Segala prilaku aneh yang ada pada anak saya, maka orang tua saya akan mengingatkan saya sembari memberikan tips dan trik kepada saya dalam hal cara mengurus anak yang baik dan benar menurut pengalaman mereka.

My parents are now becoming a grandfather and a grandmother. Of course, with the presence of grandchildren to make them more excited and happy. I have not become a grandfather yet then I don't know what they feel. But in every meet to my son, then my parents always give love greater than the affection to me as their son. In every strange behavior that my son did, my parents would tell me immediately, while providing tips and tricks to me in terms of the way to take care child in good and right manner according to their experiences.

ajari anak ini dan itu6

Bersyukur saya lahir di keluarga yang baik dalam artian memiliki orang tua yang penuh perhatian. Lantas timbulah sebuah pertanyaan, bagaimana bagi mereka yang terlahir pada keluarga yang broken home, atau kedua orang tua mereka meninggal pada saat masih bayi atau kejadian menakutkan lainnya?.

Thankful I was born in a good family, what I means is good in the sense of having attentive parents. Then rise a question, how about those who were born in a broken home family, or both of their parents died in infancy or other scary events ?.

ajari anak ini dan itu3

Mereka akan hidup berdasarkan pengalaman hidup didaerah yang pernah mereka tinggali untuk melanjutkan kehidupannya. Tentu semua menginginkan hidup dengan masa depan yang lebih baik. Akan ada saja orang baik yang memberikan pengalaman hidup yang baik. Namun harus diakui bahwa akan selalu ada pengalaman buruk dalam hidup ini.

They will continue their live by the experience of living in an area that once they lived to keep their life go on. Of course everyone have an intention to live in a better future. There will always a good man exist who will give a good life experience. However, it must be recognized that there will always be a bad experience in every life.

ajari anak ini dan itu7

Di Indonesia, angka bayi yang lahir dengan membawa kelainan genetika, cukup tinggi. Kembali pada saat sebelum menikah, jarang calon suami isteri  memiliki pengetahuan akan hal ini.  Bila masing-masing pasangan memiliki satu gen pembawa kelainan genetika pada kromosomnya, maka peluang bayi mengalami kelainan bawaan, semakin besar. Di Negara -negara maju mungkin telah memperhatikan akan hal ini.

In Indonesia, the number of babies born with genetic disorders, is quite high. Back in the time before marriage, the prospective spouses rarely have knowledge about this. When each partner has one genetic disorder on chromosome , then the greater chances for babies in having congenital abnormalities. In developed countries may have noticed about this.

ajari anak ini dan itu4

Namun bagaimanapun kondisi anak kita, jangan penah membeda-bedakan kasih sayang kita terhadap mereka.

However the condition of our children, do not ever discriminate our affection towards them.

ajari anak ini dan itu8

Perlu diingat bahwa anak kecil itu masih polos dan bodoh. Akan tetapi dibalik kepolosannya itu terdapat jiwa ingin tahu yang tinggi. Mereka dalam proses belajar dan akan bertambah aktif pada saat anak kita sudah bisa berjalan dengan tegap setelah tertatih – tatih belajar merangkak dan berjalan bahkan berlari. Tentu sudah banyak barang prabotan rumah tangga anda pecah dan hancur dibuatnya.

Keep in mind that the little kid is still innocent and stupid. But behind that there is a high curiosity. They are active learning and will increasing more when the child can uprightly walk after limping on learning to crawl and walk and even run. Of course many of your household goods broken and destroyed by them​​.

ajari anak ini dan itu9

Ingatan -ingatan itu membekas di benak saya. Dan sekarang sembari menulis artikel ini tak terasa air mata menetes dipipi, sungguh berat perjalanan orang tua saya membesarkan saya hingga sekarang ini. Saya takut tidak mampu melakukan seperti apa yang telah orang tua saya lakukan. Kejadian-kejadian yang telah lalu adalah sumber sebuah ikatan batin antara seorang anak dengan kedua orang tua mereka. Dan tidak akan ada yang bisa memutusnya.

Childhood memories imprinted in my mind. And now while writing this article  tears on my cheek, imagining how heavy the trip of my parents brought me up until now. I'm afraid of not being able to do such what my parents did. Every events that occurred then turn as source of a bond between a child and their parents. And no one will able to cut it.

ajari anak ini dan itu11

Saya belum mengetahui apakah semua yang saya lakukan ini baik adanya. Perjalanan hidup membesarkan anak sangatlah panjang dan saya akan mengajarkan anak saya apa saja yang anak saya mau. Dan pasti ada saja yang saya belum ketahui oleh sebab itu membaca artikel pengalaman hidup orang lain dalam hal membesarkan anak perlu saya lakukan dan pelajari serta disebarluaskan ke seluruh dunia agar kelak dunia dipenuhi oleh anak-anak yang baik yang terus bertumbuh menjadi manusia yang baik.

I do not know for all that I have done is good. The life journey of raising a child is long and I will teach my children everything according to what my son ought to know. And surely something that I do not know well therefore I have to read articles about life experiences of others in terms of raising their children need to do and learn and also share throughout the world so that one day the world is filled by children who either continues to be a good human being.

ajari anak ini dan itu10

Intinya adalah berikan yang terbaik untuk anak kita. Memanjakan anak adalah membuka gerbang penjara buat mereka kelak. Namun saya sendiri memasrahkan semua kepada sang pencipta, karena saya percaya bahwasanya orang baik akan selalu dilindungi. Kadangkala seperti sebuah mujisat yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya melalui ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan kaktus yang tumbuh subur digurun pasir yang sangat ganas.

The point is to give the best for our children. Spoil the child is about to open the prison gates for them later. But my own way is just surrender all to the creator, because I believe that good people will always protected. Sometimes like a miracle that can not be verified through science. Similarly, the cactus that thrives in the very fierce desert sand .



Article by Ketut Rudi
Photos by Molina Olivia And Ketut Rudi
Models : Ketut Rudi, Molina And Putu Rias
Location : Bali Indonesia

No comments:

Post a Comment