Saturday, March 5, 2016

Jangan Takut Karena Semua Yang menakutkan Hanyalah Bayangan Saja (Do not Fear For All The frightening thing is only a shadow)

Rasa takut ada pada setiap manusia, namun ada yang berhasil mengalahkan rasa takut tersebut dan melewati sebuah hari yang menakutkan dalam hidupnya.
 
Fear is in every human being, but anyone successfully overcome their fear and passed through their terrifying day from their life.

bayangan sinar matahari

Pada saat kecil dulu, ayah saya adalah sosok yang berhasil mengalahkan rasa takut itu. Pada saat mati lampu disertai hujan deras dan petir dan gemuruh guntur yang keras, saya sangat ketakutan akan hal itu dan bayangan kengerian akan gelap sepertinya sebuah kewajaran pada saat itu dialami oleh semua anak. Dan ayah saya adalah sosok pemberani pada saat itu karena sepertinya dia tidak merasakan ketakutan itu.
 
At the time when I was a kid, my father was a person who managed to beat the fear. When the lights off with heavy rain and lightning and a loud clap of thunder, I was terrified of it and the horror of dark shadow seem a natural thing at the time to be affraid by all children. And my father was a brave figure at that moment because it seemed like he did not feel the fear.
 
bayangan sinar matahari

Setelah saya menjadi orang tua sekarang, saya mengerti apa itu rasa takut tatkala anak saya berlari memeluk saya pada saat sebuah suasana tertentu membuat anak saya takut. Dan saya adalah sosok yang dapat menenangkannya dan melindungi dari bayangan yang membuatnya ketakutan.
 
After I became a parent now, I understand what  fear is when my son ran to hug me when a particular atmosphere made my son fearful. And I was someone who could calm him and protect him from the shadow of fear.
 
bayangan sinar matahari

Ternyata apa yang saya takuti dulu sewaktu kecil adalah bayangan saja. Namun saya tetap merasa takut dan tubuh serta pikiran ini sangat sensitif terhadap sebuah ancaman tertentu yang memicu rasa takut itu ada. Tak ada yang mendorong kita untuk mencari perlindungan atau menghindar dari bahaya atau ancaman, kecuali rasa takut yang ada pada diri ini. Tak ada yang mendorong kita untuk berupaya mencari dan memperoleh keselamatan di dunia kecuali diawali oleh rasa takut.
 
It turns out what I used to be afraid of as a child is the shadow only. But I still feel scare and my body and my mind are very sensitive to a specific threat that triggers on fear to exists. Nothing encourages us to seek refuge or escape from danger or threat, but fear does. Nothing encourages us to seek and obtain the salvation of the world unless preceded by fear.
 
bayangan sinar matahari

Seperti layaknya setiap orang yang bersembunyi dari panasnya sinar matahari, saya tidak takut lagi akan hal-hal mistik seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan. Namun saya takut kulit menjadi hitam atau membuat saya pingsan karena dehidrasi. Tapi semakin tua saya sepertinya terbimbing untuk takut melakukan dosa dan menyakiti hati orang lain dan takut merusak nama baik yang telah saya jaga bertahun-tahun. Tuhan adalah sosok yang mampu mengatasi rasa takut itu dan berdoa adalah jalannya. Namun kenapa masih saja ada orang yang tidak takut akan hal itu?.
 
Just like any person who is hiding from the sun, I am no longer afraid of mystical things along with the development of science that I got. But more I fear that my skin turned becomes black or made me faint from dehydration. But getting older I feel such guided to fear on committing a sin and hurt other people and fear of damaging the good name which I keep for years. God is a person who is able to overcome that fear and pray is the way. But why there are still people who are not afraid of it ?.
 
 
 
 
 
Article and photos by Ketut Rudi
Location : Somewhere in Kupang

No comments:

Post a Comment