Tuesday, August 16, 2016

Yuk Jalan - jalan dari Bali Ke Darwin (Lets Travelling From Bali To Darwin)

Sebuah paket wisata yang menawarkan sebuah perjalanan wisata untuk mengisi hari liburan Anda dimulai dari penerbangan dari Pulau Dewata Bali terbang menuju Labuan Bajo dan sebuah perjalanan antar pulau menuju Dili, Timor Leste yang akan mengawali petualangan kita adalah melalui Kepulauan Nusa Tenggara Timur yang memukau yaitu Flores dan Kupang. Kemudian dari Dili kita akan mengunjungi Darwin yang beriklim tropis, yang juga akan menjadi gerbang masuk Anda ke Australia. Darwin adalah kota modern yang dikenal karena hiburan malamnya, atmosfernya yang tropis serta posisinya yang merupakan pintu masuk taman Litchfield dan Kakadu yang menjadi ikon negeri Kangguru ini.

A tour package that offers a sightseeing trip to fill day of your holiday starting from The Island of Gods Bali fly to Labuan Bajo and a journey between islands to Dili, East Timor will begin to start our adventure is through the stunning islands of East Nusa Tenggara  such Flores and Kupang. Later on from Dili we will visit tropical Darwin, where also be the gateway to Australia. Darwin is a modern city known for its evening entertainment, the tropical atmosphere and its position which is the entrance to Litchfield and Kakadu park's iconic of this kangaroos country.

Bali Darwin Overland

Perjalanan lintas negara ini adalah kesempatan yang langka untuk mendapatkan petualangan ke destinasi baru yang belum terkenal namun memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Anda akan menjumpai danau-danau yang memesona, mengunjungi sumber air panas, mendaki, sampai mengenal sejarah pasukan Sparrow Force Australia, dan bermalam di rumah Raja asli dari Indonesia di Boti pulau Timor, serta bertemu dengan penduduk asli pulau - pulau yang akan kita kunjungi lewat darat. Tentunya juga kita akan belajar alat musik tradisional yang unik dan telah dikenal dunia yaitu sasando.

This overland trip was a rare opportunity to gain an adventure to a new destination not yet known but has a natural beauty and incredible culture. You will find  charming lakes, visiting hot springs, hiking, till to know the history of troops Sparrow Force Australia, and spend the night with the original King of Indonesia in Boti island of Timor, as well as meet with the natives of the island  that we will go over land. Of course we will also learn unique traditional musical instruments which have been known to the world called Sasando.

Labuan Bajo

labuan Bajo

Berikut adalah itinerary paket perjalanan wisata ini :
Hari ke 1
Pada dini hari kita akan terbang dari Bali ke bandara Labuan Bajo. Di bandara inilah kita akan dijemput dan melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata hari ini yaitu Bajawa. Setelah itu, kita akan mengunjungi desa tradisional Langa dan Bena. Di desa ini kita akan mendapati pemandangan sawah "jaring laba-laba" dan bermain di air terjun yang akan kita temukan disepanjang jalan.
Here is the itinerary of this tour package:

Day 1
In the early morning we will fly from Bali to Labuan Bajo airport. Arriving at the airport, then we would be picked up and go on a trip to tourist destinations today is Bajawa. After that, we will visit the traditional village of Langa and Bena. In this village we will find paddy view "cobwebs" and playing in the waterfall we would find along the way.

Hari ke 2
Pada hari ke dua ini, kita akan berenang di sumber air panas Soa yang ada didesa Langa dan Bena pada pagi harinya. Selepas berenang, kita akan menginap semalam penuh di daerah Kabupaten Ende.

Day 2
On the second day, we will swim in the hot springs of Soa existing in Langa and Bena village in the morning. Then after a swim, we will stay overnight in the area of Ende.

bali to darwin overland16
Kolam Renang Air Panas Soa (Natural Pool Of Soa Hot Spring)
Bali Darwin Overland
Ende dari Udara (Ende Viewed From Air)

Hari Ke 3
Perjalanan akan dilanjutkan ke Maumere dengan mengambil jalan pulau Flores yaitu melalui ibu kota Ende. Di daerah ini pula kita akan menyantap makan siang. Namun sebelum tiba di Maumere, kita akan menengok keindahan panorama danau tiga warna Kelimutu.

Day 3
Proceed to Maumere with taking the main road of island of Flores , through the capital city of Ende. In this area we will also having our lunch. But before arriving in Maumere, we will look at the beautiful panorama of the  three colors lake Kelimutu.

kelimutu flores
Kelimutu Saat Berkabut (Foggy Kelimutu)
Flores

Hari ke 4
Setelah menikmati makan siang di maumere, kita akan mengunjungi Museum Ledaero atau berwisata keliling kota di desa nelayan Wuring. Setelah itu kita akan melanjutkan perjalanan ke Kota Kupang yang terletak di Pulau Timor . Sesampainya di Kupang, kita akan check in di La Hasienda hotel. Dikota ini kita akan berwisata keliling dengan berenang di gua kristal. Malam harinya kita dapat menghabiskan waktu kita di pasar malam kota kupang. (makan malam dengan uang pribadi)

Day 4
After enjoying lunch in Maumere, we will visit the Museum of Ledaero or traveling through the city in the fishing village of Wuring. After that we will continue the journey to the city of Kupang on the island of Timor. Arriving at Kupang, we will check in at La Hasienda hotel. In this city we will travel around with a swim in the crystal cave. In the evening we could spend our time at the fair city of Kupang. (Dinner with private money)

Bali Darwin Overland
Maumere dari Udara (Maumere Viewed From Air)
la hasienda
La Hasienda Hotel
Crystal Cave Kupang
Kolam Gua Kristal Kupang (Crystal Cave Natural Pool)

Hari ke 5
Pada pagi hari kita bergegas menuju pulau kecil Semau dengan perahu boat. Snorkeling di pantai ini sangat mengagumkan. Anda dapat menggunakan alat snorkling yang disediakan atau menyelam bersama pemandu wisata anda dari Kupang dive dengan biaya pribadi. Dari Pantai, anda akan menuju sumber air panas alami yang membutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki. Di sumber air panas ini, anda dapat berendam dibawah naungan pepohonan. Tempat ini sangatlah indah begitu pula perjalanan singkat yang anda tempuh menuju sumber air panas ini. Di pulau Semau, anda tidak memerlukan payung karena disepanjang pantai / pesisir ditumbuhi oleh pepohonan yang besar. Dibawah pepohonan tersebut, anda dapat berpiknik, bermain-main, beristirahat, bahkan sampai membuat istana pasir atau sekedar bersantai ria. Hari ke 5 ini bukanlah destinasi wisata. Semuanya masih dalam keadaan belum siap. Kita harus membawa semuanya yang mungkin ingin / perlu kita bawa bersama kita, tetapi akan lebih baik seperti ini.

Day 5
In the morning we rush to the small island of Semau by boat. Snorkeling on this beach is amazing. You can use provided tools of snorkeling or dive with your tour guide from Kupang Dive at private expense. From the beach, you will be heading a natural hot spring that takes 10 minutes on foot. In the hot springs, you can bathe under the shade of the trees. The place is very beautiful as well as a short trip you travel towards the source of hot water. On the island of Semau, you do not need an umbrella because along the coast / coastal overgrown by huge trees. Under the trees, you can have a picnic, playing, resting, even making sand castles or just relaxing fun. This Day 5  is not a tourist destination. Everything is still in a state not ready. We must bring everything that you might want / need to bring with us, but it's better like this.

Semau Island

Hari ke 6
Usai sarapan dan mengunjungi Kedutaan Besar Timor Leste untuk mengambil paspor dan visa kita, kita berangkat menuju Dili. Namun sebelumnya kita akan melewati dan mengunjungi desa tradisional suku Boti dan bertemu dengan penduduk tradisional asli pulau Timor. Uniknya suku Boti masih menganut faham animisme dan mereka memiliki 9 hari dalam seminggu pada penanggalan mereka. Kita juga akan mengunjungi lokasi pengerajin alat musik sasando di Oebelo. Melihat sasando yang sangat unik, dan perjalanan dilanjutkan dengan makan siang di Kota Soe. Dan pastinya kita akan menginap di rumah Raja di daerah tersebut beserta keluarganya. Akomodasi di rumah ini sangat sederhana. Rumah ini memiliki kamar-kamar yang sederhana yang dapat menampung 3 orang untuk setiap kamarnya. Kita akan menyantap makan malam disini.

Day 6
After breakfast and visited the Embassy of Timor-Leste to take our passports and visas, then we will depart to Dili. But before that, we will pass and visit the traditional village of Boti tribe and meet with traditional native people of Timor island. Uniquely Boti tribes are still animists and they have 9 days of the week on their calendar. We will also visit gallery of sasando musical instrument craftsmen in Oebelo. To witness directly the uniqueness of Sasando, and the journey continued with lunch at Soe city. And certainly we will stay at the home of the King in this area and stay with their families. Accommodation in this house is very simple. This house has simple rooms that can accommodate three people for each room. We would eat dinner here also.

Banner
Sasando

Hari ke 7
Salah satu sesi dari petualangan kita hari ini adalah mengunjungi para penenun tradisional yang membuat kain-kain indah mereka sendiri. Kita akan tiba di perbatasan Timor Leste - Indonesia sekitar pukul 14.30 LT dan makan siang di Atambua yang merupakan daerah perbatasan. Usai makan siang, kita akan melintasi sepanjang perbatasan dari Indonesia menuju Timor Leste. Kita akan dijemput oleh pemandu dan melanjutkan perjalanan ke Balibo. Di Balibo kita akan bermalam  di Benteng Balibo yang telah dipugar. Kita juga akan melihat desa yang ada di kota Balibo, monumen Balibo, dan jika masih ada waktu, kita akan mengunjungi gua-gua yang ada disekitarnya.

Day 7
One session of our day 7 adventure are visiting the traditional weavers who make their own beautiful uniform. We will arrive at the border of East Timor - Indonesia around 14:30 LT and lunch in Atambua,  is the border area. After lunch, we will cross the border from Indonesia to Timor Leste. We will be picked up by a guide and continue the journey to Balibo. In Balibo we will spend the night in Fort Balibo which is already restored. We will also see the villages in the town of Balibo, Balibo monuments, and if there's time, we will visit the caves are nearby.

Road To Timor leste

Hari ke 8
Setelah sarapan, Kita akan berangkat menuju Eraulo. Di Eraulo kita akan mengunjungi sumber air panas, berjalan kaki ke air terjun Mota Bandera (Masing-masing berjarak tempuh satu jam), lalu mengunjungi desa tradisional Liatlaun.
Hari ke 9
Hari ini kita akan menutup perjalanan kita dengan berkunjung ke Dili. Anda akan mengunjungi desa Ermera dan Monumen Nino Kronis Santana (Pemimpin perlawanan) dan mengunjungi tempat persembunyiannya. Setelah itu menuju arah timur ke Sloi dilanjutkan ke Monumen Dare yang merupakan bentuk penghargaan atas upaya pasukan Sparrow Force Australia dan masyarakat Timor Leste setempat dalam melawan invasi Jepang selama perang dunia ke 2. Setelah selesai kita akan berwisata keliling Kota Dili sebelum bermalam di Tibar Beach Retreat.

Day 8
After breakfast, we will leave for the Eraulo. In Eraulo we will visit the hot springs, walk to the waterfall of Mota Bandera (each located in one hour), and then visit the traditional village of Liatlaun.
Day 9
Today we are going to close our trip with a visit to Dili. You will visit the village of Ermera and Monuments of Chronic Nino Santana (opposition leader) and visit the hiding place. After that headed east to Sloi proceed to Monument Dare which is a form of appreciation for the efforts of the Australian Sparrow Force troops and the local East Timorese people in the fight against Japanese invasion during World War 2. Once completed we will travel around the city of Dili before staying overnight in Tibar Beach Retreat ,

Sea of Dili

Hari ke 10
Pada pagi hari kita akan beralih ke Bandara Internasional Nicolau Lobato dan terbang menuju Darwin. Siang hari setelah check in di hotel di Darwin, kita akan menghabiskan siang hari kita dengan berwisata keliling Darwin.
Hari ke 11
Berwisata seharian penuh di Litchfield dan melihat atraksi Jumping Crocodiles dilanjutkan dengan melihat matahari tenggelam dan makan malam di Mindil Beach markets. (makan malam dengan uang pribadi).
Hari Ke 12
Wisata akan berakhir pada hari ke 12 saat pagi menjelang.

Day 10
In the morning we will move on to the Nicolau Lobato International Airport and fly to Darwin. During the day after checking in at the hotel in Darwin, we would spend our daytime with traveling around Darwin.
Day 11
Full day travelling at Litchfield and see the attractions of Jumping Crocodiles continued to see the sunset and dinner at Mindil Beach markets. (Dinner with private money).
Day 12
Travel will end on day 12 at daybreak.

crocodiles attraction in darwin
Crocodiles Atraction in darwin

Untuk informasi lebih lanjut termasuk data perjalanan wisata yang lengkap beserta photo-photonya dapat mengunjungi facebook page "Bali To Darwin Overland"
Atau hubungi Bill Zammit +62 408 741 795 jangan lupa menyebutkan nama saya sehingga kita dapat berjumpa di Kupang tempat tinggal saya.
Email : Bill@talentteam.co.au

For more information including data and travel with the full photos, visit the facebook page "Bali To Darwin Overland"
Or contact Bill Zammit +62,408,741,795 do not forget to mention my name Ketut Rudi so that we can meet in Kupang where I live.