Saturday, February 24, 2018

Berwisata Ke Sulamu Dan Melihat Pulau Tikus Di Nusa Tenggara Timur (Traveling To Sulamu dan observing Rat Island East Of Nusa Tenggara)

Indonesia sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan dan memiliki potensi kelautan yang besar, oleh sebab itu besar keinginan saya untuk berkunjung kesebuah dermaga dan terdapat banyak perkampungan nelayan di NTT. Edisi kali ini saya berkunjung ke Dermaga Sulamu Pulau Timor dan melihat keindahan Pulau Tikus yang tepat berada didepan kampung Nelayan di Sulamu. Berikut photo story saya : 

Indonesia largely consists of oceans and has great marine potential, therefore my wish to visit a pier and there are many fisherman village in NTT. On this occasion I visited Sulamu pier which located in Timor Island and saw the beauty of Rat Island right in front of the village of Fisherman in Sulamu. Here is my photo story:

Pulau Tikus dan Sulamu Sulamu dan Pulau Tikus (Sulamu and Rat Island)

Untuk mengunjungi Dermaga Sulamu bisa menggunakan jalur laut dengan menyewa perahu penumpang yang disediakan nelayan pantai Sulamu melalui Dermaga PPI Oeba. Namun, juga bisa ditempuh dengan menggunakan jalur darat dengan kendaraan sehingga dapat melihat tambak garam sebelum tiba di Sulamu. 

To visit Sulamu we can use the sea route by renting a passenger boat provided by Sulamu beach fishermen through PPI Oeba Pier. However, it can also reached by landline with a vehicle so we can see the salt pond before arriving at Sulamu.

sulamu 2 Tambak Garam (Salt Pond )

 sulamu 12 Pagar Hidup Yang Memukau (Stunning Living Fences)

 sulamu 11
Mercusuar Yang Terbengkalai (Abandoned Lighthouse)

 sulamu 9
Bendera Merah Putih Di Perkampungan Nelayan Menjelang 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI (Red And White Flag In Fisherman Village Towards August 17 Independence Day of Indonesia)

sulamu 10
Surut Di Pantai Sulamu (Low Tide At Sulamu Beach)

 sulamu 8
Surut Di Pantai Sulamu (Low Tide At Sulamu Beach)

 sulamu 3
Surut Di Pantai Sulamu (Low Tide At Sulamu Beach)

Pulau Tikus
Pulau Tikus (Rat Island)

 sulamu 7 Anak-anak bermain pada saat surut (Children play at low tide)

sulamu 5 Anak-anak bermain pada saat surut (Children play at low tide)

 sulamu 1
 Formasi awan yang indah di Sulamu (Beautiful cloud formations in Sulamu 

 sulamu 4 Kapal Yang Rusak Oleh Waktu (Ships Damaged By Time)

Nelayan Desa Sulamu dapat dikatakan masih dibawah garis kemiskinan. Kondisi tersebut disebabkan karena tingkat pendidikan yang rendah, pola kehidupan nelayan yang konsumtif, keterbatasan infrastruktur dan modal, serta minimnya pengetahuan dan teknologi yang dimiliki. Hal tersebut diperparah lagi dengan belum tersentuhnya masyarakat dengan program-program yang dapat mengembangkan ekonomi secara riil, terorganisasi dan berkelanjutan. Namun statemen ini hanyalah penilaian pribadi saya setelah melihat kondisi riil di Perkampungan Nelayan di Sulamu. 

Fishermen of Sulamu Village is likely still life in poverty. This condition is more affecting by low education, consumptive pattern of fisherman life, limited infrastructure and capital, and lack of knowledge and technology owned by. This worsened also by no programs for the community that can develop the economy in real, organized and sustainable. But this statement is more on my personal judgment after seeing the real condition at the Fishermen's Village in Sulamu.





Article and photos by Ketut Rudi


Song : The Black Eyed Peas - Where Is The Love? 

No comments:

Post a Comment