Saturday, February 24, 2018

Berwisata Ke Waikelo Sawah Sumba Barat Daya (Travelling To Waikelo Sawah South West Of Sumba)

Panas, ya musim kemarau yang panjang seperti yang kita pikirkan yaitu kekeringan dimana-mana.

Hot, yes definitely what we felt during this long dry season as we assumed that drought is everywhere.

waikelo sawah1

Saya berkunjung kesebuah tempat yang bernama Waikelo Sawah, sebuah tempat dimana saya menjumpai air melimpah keluar dari dalam gua yang ternganga lebar.

I visited a place called Waikelo Sawah, a place where I saw water overflowing out from wide open cave.

waikelo sawah11

Sebuah bendungan yang terletak di Sumba Barat Daya kurang lebih 45 menit dari Bandar Udara Tambolaka di Sumba Barat Daya. Sungguh tempat yang teduh dan sejuk meski saya berkunjung pada saat musim kemarau.

A dam in Southwest of Sumba Island about 45 minutes from Tambolaka airport in Southwest Sumba. It was shade and cool even though I visited the place during dry season.

waikelo sawah4

Mata air terletak didalam sebuah gua dan memiliki debit air yang sangat besar sepertinya mustahil akan mengalami kekeringan. Sebuah bendungan yang sangat indah.

A spring in a cave and has a very large water discharge seems impossible happen on dry season. A very beautiful dam.

waikelo sawah6

Waikelo sawah dikunjungi oleh masyarakat setempat dan juga para wisatawan domestik lainnya termasuk saya. Air bersih ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi sawah yang luas. Namun sebelumnya warga memanfaatkan tempat ini sebagai tempat rekreasi. Berenang di air yang jernih.

Waikelo Sawah visited by local people and domestic tourists as well as others including me. Clean water is used by local people to irrigate paddy fields. But before that, people will use this place as a place of recreation. Swimming in natural clean water.

waikelo sawah7

Wow, saya melihat sebuah pemandangan yang sangat memukau dan sungguh sangat mengundang dan memiliki sebuah daya tarik besar seolah-olah mengajak saya untuk ikut bergabung mandi bersama.

Wow, I saw a very spectacular sight and very inviting everybody who saw and has a great appeal just like inviting me to join on swimming.

waikelo sawah10

Sekejap rasa gerah hilang dan enggan rasanya untuk beranjak. Warga juga memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk mencuci pakaian dan mencuci kendaraan.

Instantly chills was disappear and reluctant to move. Residents also use this place as a place to do laundry and washing vehicles.

waikelo sawah8

Lihatlah pipa-pipa itu, menandakan bahwa pemerintah dan warga setempat telah memanfaatkan mata air ini dengan membangun instalasi perpipaan untuk mendistribusikan air ke beberapa lokasi. Namun saya senang melihat fungsi lainnya yaitu untuk menjemur pakaian yang habis dicuci. Pengalaman yang tidak terlupakan dan tidak usah pergi jauh-jauh ke Sungai Gangga di India.

Just look at the pipes, indicating that government and local residents have taken advantage of this spring to build pipes installation to distribute water to multiple locations. However I was pleased to see the other functions of the pipe which was depleted for drying washed clothes. An unforgettable experience and I don not have to go far to the Ganges River in India.



Ketut Rudi
Location : Waekelo Sawah South West Sumba
Model : Marten Tirta Agung



Song : Ben Harper - Diamonds On The Inside 

No comments:

Post a Comment