Tuesday, October 2, 2018

Terima kasih Telah Menjaga Bali Pulau Dewata ( Thanks For Keeping Bali The Island Of God)

Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali tentunya tidak bisa terlepas dari sebuah keadaan yang disebut perubahan atau pergeseran budaya. Kehidupan di Bali memiliki hubungan yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali.

The uniqueness of Balinese culture and rapid development of Bali Tourism certainly can not be detached from a condition called culture change or shift in culture. Life in Bali has a close relationship between Culture, Religion, Nature and Tourism of Bali.

bali-2

Budaya Bali yang boleh dikatakan tidak sama dengan budaya lainnya dan meski juga memiliki persamaan dengan beberapa budaya lainnya di Indonesia diekspresikan melalui seni, pakaian, musik, tari, makanan dan bahasa dalam kehidupan warga bali sehari-hari. Cara terbaik untuk menjelajahi budaya lokal dan belajar tentang budaya Bali adalah dengan mengikuti sejumlah kegiatan adat yang dapat dijumpai disetiap jengkal tanah Pulau Bali ini. Sangat menghibur, seperti tari Bali yang dapat dijumpai disetiap acara adat secara geratis meski kemajuan pariwisata menyebabkan tarian-tarian sakral Bali dipentaskan dalam acara seperti sebuah opera komersial. Hal lainnya adalah buah-buahan tropical yang lesat dan bergizi dan harganya jauh lebih murah jika didapatkan di pasar-pasar tradisional atau di desa dan hal ini dikarenakan tradisi persembahan buah-buahan kepada tuhan yang menyebabkan seluruh tanaman berbuah dan berbunga dengan baik. Budaya Bali merupakan bagian dari warisan budaya dunia. Lukisan bercorak atau bermotif Bali merupakan inti dari kehidupan masyarakat Bali yang harmonis. Seni-seni yang membutuhkan kesabaran dan dedikasi tinggi. Salah satu contoh seni Indonesia termasuk Bali salah satunya adalah Batik Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Semua orang merasa bangga dapat berfoto sambil mengenakan kostum Bali yang indah.

Balinese culture is arguably not the same as other cultural and despite also has much in common with some other cultures in Indonesia which expressed through art, uniform, music, dance, food and language in daily lifes of Balinese. The best way to explore the local culture and learn about Balinese culture is to follow a number of cultural activities that can be found in every corner of the island. Very entertaining, such as Balinese dance can be found in every free event despite advances indigenous tourism causes sacred Balinese dances performed in the show as a commercial opera. The other thing is tropical fruit that raced and nutritious and much cheaper price found in traditional markets or in the village and this is because the tradition of offering fruits to Gods that maybe causing the whole plant fruiting and flowering well. Balinese culture is a part of world cultural heritage. Balinese style is the essence of harmonious Balinese life . Arts that requires patience and dedication. One example on the art of Indonesia including Balinese and one of them is Batik Indonesia, which has been recognized by UNESCO as a Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Everyone felt proud to be photographed while wearing a beautiful Balinese costumes.

bali

Gerakan elastis dari tari-tarian di Bali membuat tarian Bali tampak indah untuk dilihat dan Siapa saja dapat mempelajari tarian indah ini di Bali seiring perkembangan dunia Pariwisata. Bahkan di Bali sebelum dunia pariwisata berkembang telah ada satu tarian khusus untuk menyambut tamu dalam setiap acara adat yang disebut dengan Tari Panyembrahma.

Elastic movements of the dances in Bali making Balinese dances looked beautiful to behold and Anyone can learn this beautiful dance in Bali as the rapid development of tourism world. Even before that Bali already had a special dance to welcome guests in any custom event called Panyembrahma Dance.

bali-3

Sketsa Bali kini telah banyak dijumpai dimana-mana dan sketsa ini adalah panduan khusus untuk menjelaskan budaya Bali. Panduan ini sangat penting dan dibuat agar semua orang yang berlibur atau berkunjung mengerti budaya Bali dan menghargai keadaan sakral sebuah tempat. Entah apakah ini sebuah trik iklan saja atau memang benar obyek wisata di Bali yaitu selain keindahan alamnya juga kecantikan budayanya.

Sketch of Bali has now been widely found everywhere and this sketch is a special guide to explain the culture of Bali. The guide is very important so that everyone who is on vacation or visiting Bali will understand and appreciate the culture and circumstances of sacred place. I wonder that this is just a trick of ad or a true that tourist attraction in Bali that in addition to have natural beauty also has beautiful culture.

bali-4

Orang Bali membuat persembahan setiap hari sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada para dewa dan alam untuk berkat yang mereka terima. Oleh sebab itu seperti tidak ada yang lebih berharga lagi selain pembuatan persembahan untuk Tuhan. Pasti disetiap rumah orang Bali asli melakukan hal ini.

The Balinese make offerings every day as an expression of gratitude to the gods and nature for the blessings they have received. Therefore, as there is nothing more valuable addition to the making offerings to God. Definitely every house of the original Balinese do this.

bali-5

Kejujuran dengan berdasar kepada tunduk terhadap hukum karma yaitu hukum pastinya Tuhan yang membenarkan yang benar dan menyalahkan yang salah menjadikan seluruh warga Bali takut berbuat dosa. Namun hal ini mulai menipis tatkala tuntutan kebutuhan duniawi mulai dipengaruhi oleh keinginan untuk menjadi kaya dan bersaing mencari uang.

Honesty based on the subject to the law of karma is the justifies law of God that certainly say right to every right thing and blame the wrong makes all citizens of Bali afraid of sinning. But this is thinning when the demands of mundane needs increasing due to influence by the desire to be rich and compete for money.

bali-6

Di pasar tradisional masih dijumpai transaksi jual beli bahan-bahan upakara ditengah bertumbuhnya supermarket yang menawarkan alat-alat modern seiring dengan perkembangan jaman. Namun masih tetap dijumpai dan laris dikunjungi terutama pada counter penjualan baju adat Bali. Berdasar akan hal ini, maka sebenarnya jika kita mencintai produk sendiri maka akan mampu mensejahterakan para pengerajin lokal. Oleh sebab itu cintailah produk dalam negeri terutama pakaian-pakaian adat didaerah masing-masing. Sangat baik mencontoh Bali akan hal ini. Namun untuk busana modern, banyak orang Bali lebih memilih produk luar negeri dikarenakan memiliki kualitas yang lebih baik.

In traditional markets still found buying or selling activity on materials for praying amid in supermarket growing that offers modern tools in line with the changing times. Yet still exists and a lot of visitor especially on the sales counter of traditional Balinese clothes. Based on this, then in fact if we love local products made by our own people, then it will afford to rise on welfare of the local craftsmen. Therefore let's love domestic products, especially uniforms of each customs. Very good to look on Balinese as an example. But for modern fashion, many of Balinese prefer on foreign products due to having a better quality.

bali-7

Gaya berpakaian tradisional Bali tidak memerlukan Dress Up dan Make up yang berlebihan pada saat dahulu sebelum perkembangan dunia pariwisata semakin pesat. Namun sekarang kita dapat melakukan pemesanan 24 jam untuk tata rias pengantin atau acara adat lainnya. Dan bahkan banyak wisatawan memilih berfoto pengantin menggunakan kostum adat Bali. Siapa saja dapat melakukan pemotretan dimana saja yang mereka suka di dalam resort atau disawah atau tempat lainnya yang berbacground gapura dan ukiran indah. Namun sebenarnya harus lebih berhati-hati karena tempat - tempat tersebut merupakan tempat-tempat sakral yang telah disucikan. Oleh sebab itu Pulau Bali disebut dengan julukan Pulau seribu pura. Dahulu kala orang Bali takut untuk berbuat tidak baik, berkata-kata kasar saja tidak berani dilakukan apalagi perbuatan asusila dan jorok lainnya.

Balinese traditional uniform style did not require excessive dress up and make up at the time before the development of world tourism grew rapidly. But now we can make a reservation 24 hours for bridal or other customary events. And even many tourists choose a bride photographed using traditional Balinese costume. Anyone can shoot anywhere they like in a resort or paddy fields or other places which having background of a gate and beautiful carvings. But must be careful because some places are considered as a sacred place that has been purified. Therefore, Bali is called by the nickname of a thousand temples island. Long ago Balinese were afraid to do a bad thing, just saying a harsh words they didn't dare to do even more such sexual misconduct and other slob.

bali-9

Pulau Bali adalah salah satu dari sekian banyak pulau-pulau di Indonesia yang mempunyai kekayaan budaya dan warganya yang asli maupun pendatang mampu memeliharanya dengan baik walaupun era globalisasi dengan segala dampaknya menerjang dengan intensitas yang tinggi, namun Bali yang dijuluki surganya wisata itu, masyarakatnya tetap konsisten dengan budayanya sendiri yang sudah diwariskan oleh nenek moyangnya dari berbagai generasi. Walaupun Pulau Bali dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun manca negara dimana tidak menutup kemungkinan terselipnya pola hidup barat disekitarnya, namun kehidupan masyarakat Bali dan kultur budayanya tak mengalami pergeseran. Beberapa kalangan mengatakan bahwa Pulau Bali dikenal juga sebagai surganya pariwisata Indonesia bahkan para wisatawan manca negara dari belahan dunia manapun sudah mengenalnya, dari mulut ke mulut dan anehnya mereka lebih mengenal pulau Bali daripada negara Indonesia.

Bali island is one of many islands in Indonesia where has a wealth of culture and its origin citizens both native and immigrant are able to keep it well even though in the era of globalization with all of its effects is crashing with a high intensity, but Bali dubbed to paradise for tourists, its people remain consistent with their own culture that has been passed down by their ancestors from generations to generations. Although Bali visited by tourists both domestic and foreign where it is possible to be influenced by western lifestyle around it, but Balinese life and their culture does not shift. Some people say that Bali is also known as Indonesian tourism paradise even foreign tourists from anywhere in the world already knew, from mouth to mouth and strangely they are more familiar to Bali island than Indonesia.

bali-10

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, banyak aktifitas dan budaya di beberapa tempat mulai bergeser berubah kearah modernisasi, namun saya senang melihat foto-foto teman saya yang menampilkan kesenian Bali yang semakin meningkat dan mampu dipertahankan oleh warga Bali dengan tujuan untuk melayani para wisatawan yang berkunjung berulangkali ke Bali. Hal ini menandakan bahwa para wisatawan mencintai dan menjaga budaya ini. Dan saya bangga menjadi orang yang berasal dari Bali. Terima kasih dari saya.

Along with the times and technology, many activities and culture in some places began to shift to turn towards modernization, but I love to see pictures of my friend, featuring an increasing arts of Bali and can be maintained by Balinese with the aim to serve every tourists who visit repeatedly to Bali. This indicates that the tourists also love and maintain Balinese culture. And I am proud to be Balinese. many thanks from me.

Article by Ketut Rudi
Best photos collection of Lelly Jeane


Song : Bobby Bland -Members only  

No comments:

Post a Comment