Saturday, February 24, 2018

Katak di Dalam Sebuah Tempurung Kelapa "Frogs In A Coconut Shell"

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu - ribu pulau dengan beraneka ragam adat istiadat, bahasa, budaya, flora dan fauna-nya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Oleh sebab itu lautan dipandang sebagai pemersatu bukan pemisah dari pulau - pulau yang ada.
 
Indonesia is an archipelago that consists of thousand islands with diverse customs, language, culture, flora and fauna stretches from Sabang to Merauke. Therefore, the ocean as a unifying not dividing of the islands.

kodok1

Sarana transportasi pun telah dibangun dan dikembangkan baik darat, laut dan udara dengan satu maksud yaitu menjembatani Nusantara. Pembangunan terbentang dari kota ke desa, oleh sebab itu sebuah jalan raya semakin mengecil sampai ke desa - desa dan bahkan hilang masih dalam sebuah perencanaan pembangunan.

Transportation facilities built and developed on land, sea and air with the intention of bridging the archipelago. Development extends from city to village, hence a road has narrowed down to the village and even lost still in a development plan.

kodok2

Indonesia yang luas ini, terdapat warganya yang tidak pernah berkunjung ke daerah lain di luar pulaunya bahkan yang letaknya satu pulau dengan daerahnya juga belum pernah dikunjungi. Menonton tempat lain di televisi saja juga tidak pernah karena daerahnya tidak terjangkau oleh pembangunan. Mereka seperti "Katak di dalam sebuah tempurung kelapa", yang artinya memiliki wawasan yang sempit yaitu tidak mengetahui keadaan diluar daerahnya selain keadaan di sekitar tempat tinggalnya berada.

The large Indonesia, there are citizens who have never been travelling to other areas outside the island even located on the same island where they live. Also they have never been watching elsewhere in television because their area is uncovered by the existing development. They are like "a frog in a coconut shell", which means having a narrow insight that doesn't know the state of the outside of the region where they live just only knowing the circumstances of surrounding where their residence located.

kodok3

Namun menurut saya lebih baik demikian karena jika katak itu keluar dari tempurung kelapa, maka ada katak yang saling berebut daerah kekuasaan, atau ada katak yang mati termakan ular berbisa. Terima kasih kepada para guru - guru, relawan - relawan, baik dari dalam dan luar negeri yang telah masuk kedalam tempurung - tempurung kelapa yang ada untuk mengantarkan bendera merah putih kepada katak - katak itu sehingga mereka mengerti sedang berada dalam satu tempurung kelapa yang bernama Indonesia. Terus selanjutnya bagaimana kalau kita tidak pernah pergi ke luar negeri?, atau bagaimana kalau kita tidak pernah ke luar angkasa?. Ternyata kita sama, "Katak didalam sebuah tempurung kelapa".

But I think it would be better to keep the above statement and the reasson is when the frog is going out of the coconut shell, then they will competing for territory, or will become a dead frog ingested by a poisonous snake. Thanks to teachers, volunteers, both from within and outside the country who have entered into the shell of a coconut to deliver red and white flag to the frog so that they are understood that they are living in a same coconut shell called Indonesia . Continue to the next problem is what about if we never go abroad ?, or what if we never go to outer space ?. It turns out that we are the same, "Frog in a coconut shell".






Ketut Rudi Utama





Song : Indra Lesmana ft. Eva Celia - Bujangan @ Mostly Jazz 31/01/14 [HD] 

No comments:

Post a Comment