Tuesday, November 20, 2018

Semuanya Akan Berlalu (Everything Is Immortal)

Pada suatu hari, seorang yg bijak meminta kepada tukang emas yang sudah tua untuk membuat cincin dan “menuliskan sesuatu yang bisa menyimpulkan seluruh pengalaman dan perjalanan hidupnya supaya bisa menjadi pelajaran bagi hidupnya di dalam cincin itu.”Berbulan-bulan si tukang emas yang tua membuat cincin tersebut... Merenung kalimat apa yang patut diukir di cincin emas itu. 

One day, a wise man asked an old goldsmith to make a ring and "write something that can conclude wise man's entire experience and journey of life so that it can be a lesson for his life in that ring." For months the old goldsmith made the ring ... brood what sentence should be carved in the golden ring.

 
Akhirnya, si tukang emas mengukir sepotong kalimat, dan menyerahkan cincinnya pada sang bijak.
Dengan tersenyum, sang bijak membaca tulisan kecil di cincin itu. Bunyinya: "THIS WILL TOO, ALL WILL PASS"  ( Yang ini pun, akan berlalu ).

Finally, the goldsmith carved a piece of sentence, and handed the ring to the wise man. With a smile, the wise read the small print on the ring. It reads: "THIS WILL TOO, ALL WILL PASS" 



Awalnya sang bijak tidak paham dengan tulisan itu. Tapi suatu ketika, Ia menghadapi persoalan hidup sulit, tak sengaja ia membaca tulisan di cincin itu  ”Yang ini pun akan berlalu", lalu ia pun menjadi lebih tenang dan tatkala ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu  ”Yang ini pun akan berlalu", lantas ia menjadi rendah hati kembali. 

Initially the wise did not understand on the writing. But one day, he faced a difficulty on his life, then he accidentally read the writing on the ring "THIS WILL TOO, ALL WILL PASS" , then he became calmer and when he was having fun, he accidentally read the writing on the ring "THIS WILL TOO, ALL WILL PASS" , then he became humble again.


Ketika kita mempunyai masalah besar ataupun dalam kondisi terlalu gembira, ingatlah kalimat : ”Yang ini pun akan berlalu".  Tidak ada satupun di dunia ini yang abadi.  Jadi, ketika kita punya masalah, jalanilah & janganlah terlalu bersedih. Demikian juga bila kita sedang senang dan bahagia, nikmatilah dan syukuri, tapi jangan lupa diri.

Ingatlah, apapun yang kita hadapi saat ini:
*”Semuanya akan berlalu”*Untuk itu :
• Tetaplah SEJUK di tempat yang PANAS..
• Tetaplah MANIS di tempat yang begitu PAHIT..
• Tetaplah merasa KECIL meskipun telah menjadi BESAR.. dan
• Tetaplah TENANG di tengah Badai yang paling HEBAT..
Semua yg ada di dunia ini tak ada yang abadi.
*”THIS TOO, SHALL PASS"*
Selamat menikmati saat-saat yang indah di hari ini... *Yang ini pun akan berlalu*

When we have a big problem or a happy condition, remember the sentence: "This one will also pass away." There is nothing in this world eternal. So, when we have a problem, live it & don't be too sad. Likewise if we are happy and  enjoy, keep grateful on it, but don't forget everything is immortal.


Remember, whatever we face today:
* "Everything will pass" * For that:
• STAY COLD in a HOT place ..
• STAY SWEET in such a PALE place ..
• Still feel SMALL even though it has become BIG ... and
• KEEP CALM in the middle of the GREATEST Storm ...
Everything in this world is immortal.
* "THIS WILL TOO, ALL WILL PASS" *
Have a nice time today ... * Today also will pass *








Ketut Rudi
Story taken from Fuad Sauqi's Facebook Account
Illustrations are from many sources



Song : Calum Scott, Leona Lewis - You Are The Reason (Duet Version)

No comments:

Post a Comment