Saturday, February 24, 2018

Melihat Awan Di Batulesa Dan Oebali Kupang NTT (Watching Clouds Formation At Batulesa And Oebali Kupang NTT)

Dunia ini penuh dengan misteri dan tidak sama dengan negara-negara subtropis yang berada dibelahan utara atau selatan bumi ini yang memiliki banyak musim yaitu musim panas, musim dingin, musim kemarau dan musim semi. Hal ini terjadi di benua Amerika, Eropa dan sebagian wilayah Asia. Pada daerah tropis seperti di Indonesia hanya memiliki 2 musim setiap tahunnya. Negara kita ini merupakan negara yang hanya memiliki dua musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau, namun waktu untuk kedua musim ini dapat diprediksi secara pasti meski belakangan ini musim kemarau lebih panjang dibandingkan musim hujan.

The world is full of mysteries and it is not the same as subtropical countries in northern or southern of this world where have a lot of seasons, such summer, winter, summer and spring. This occurred in the Americas, Europe and parts of Asia. In tropical areas such as Indonesia only has two seasons each year. Our country is a country that only has two seasons only : the rainy season and the dry season, but for both of this two seasons can be predicted despite the recent dry season is longer than the rainy season.

batulesa dan oebali1

Musim panas kali ini, saya mengajak para pembaca untuk berjalan-jalan ke sebuah desa yang berada dipesisir barat daya Pulau Timor yaitu Desa Batulesa dan Oebali yang terletak kurang lebih 45 menit dari Kota kupang. Sebuah tempat yang indah meski infrastruktur belum terbangun dengan sempurna.

This summer, I encourage the reader to take a review to a village in southwest coastal of Timor island where the village of Batulesa and Oebali are located approximately 45 minutes from Kupang City. A beautiful place although the infrastructure has not been built perfectly.

batulesa dan oebali4

Pantai yang indah memberikan suasana yang damai melalui warna-warna yang terpadu dengan baik dan masih alami terdapat di dua desa ini. Tak heran lantas kedua tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Kota kupang dan sekitarnya untuk berwisata menghabiskan hari libur atau weekend bersama keluarga.

Beautiful beaches provide a peaceful atmosphere through its colors that blend in nicely and naturally present in these two villages. No wonder then these places is visited by local tourists from Kupang and around to spend their holiday or weekend with their family.

batulesa dan oebali3

Ini adalah hal biasa yang terjadi di seluruh belahan bumi ini. Namun saya lebih menyukai kesunyian alam sembari menyaksikan keindahan bentuk-bentuk awan yang berpadu dengan keindahan pantai dan suara angin seolah-olah bebisik ditelinga untuk mencari tempat teduh dan segera membaringkan tubuh bermalas-malasan.

This is a normal thing that happens throughout this hemisphere. But I preferred the silence of nature while watching the beauty of cloud formations are combined with the beauty of the beach surrounding and the sound of the wind just like whispering in my ears to find a shady spot and immediately stretched lazing.

batulesa dan oebali2

Hanya tampak air laut yang biru, dan mungkin anda dapat membayangkan panasnya daerah ini. Namun sudah pasti anda yang berada ditempat dingin dan bersalju menyebut tempat ini adalah surga dunia, namun hendaknya jangan lupa membawa air mineral yang cukup jika berada disini untuk melepaskan dahaga. Air adalah benda yang paling berharga di tempat yang panas begitu pula sebaliknya api adalah benda yang paling berharga di tempat yang dingin.

Observed only the blue sea water, and maybe you can imagine the heat of this area. But surely for those who are located in cold and snowy will call this place a heaven on earth, but it should not forget to bring enough mineral water to let thirst. Water is the most precious thing in hot areas and vice versa fire is the most valuable thing in a cold.

batulesa dan oebali5

Nuansa pantai yang indah di kedua desa ini. Dan tempat yang paling tepat untuk dikunjungi pada saat musim panas tiba. Inilah menjadi alasan kenapa banyak orang dari belahan bumi lainnya berkunjung ke Indonesia. Bukan sekedar melihat keindahan pantai atau keindahan formasi awannya melainkan mencari hangat tatkala musim dingin tiba.

A beautiful Nuance of beaches exist in these two villages. And the most appropriate place to visit during the summer arrives. This is the reason why a lot of people from other parts of the world visited Indonesia. Not just only to see the beauty of the beach or the beauty of the cloud formation, but to seek warm when winter arrives.

batulesa dan oebali6

Dan itu hanya ada di bawah katulistiwa yang boleh dibilang setiap hari ada matahari, tanah yang subur untuk menghasilkan buah-buahan tropical yang segar dan menyehatkan. Akan tetapi teori ini selamanya tidak benar, diperlukan kerja keras dan penguasaan ilmu pengetahuan agar minimal alam tetap terjaga kelestariannya dan dimanfaatkan memenuhi syarat dalam analisa dampak lingkungan hidup.

And it is only under the equator which arguably every day there is sun in the sky, rich soil to produce fresh and healthy tropical fruits. However, this theory is not always correct, it takes hard work and mastery on science minimally to have nature maintained for its continuity and utilize in accordance to the environmental impact assessments.

batulesa dan oebali7

Musim kemarau dipengaruhi oleh angin muson timur yang berasal dari benua Australia bertekanan maksimum dan benua Asia bertekanan minimum. Hembusan angin muson yang membawa sedikit uap air yang mengakibatkan terjadinya kekeringan. Jika berlangsung lama, musim ini sangat berbahaya karena pasti ada wilayah-wilayah di Indonesia yang akan kekurangan air bersih dan mengalami kekeringan.

The dry season is affected by the monsoon winds coming from the east Australian continent where maximum pressure existed and minimum pressure in Asian continent. Gusts of the monsoon winds that bring little moisture which resulted in a drought. When prolonged, this season is very dangerous because there are certainly areas in Indonesia will have lack of clean water and dry out.

batulesa dan oebali8

Iklim tropis yang memberikan dampak ke sebagian wilayah Indonesia sehingga terkadang memiliki curah hujan yang tinggi. Sehingga saat musim hujan tiba, di beberapa tempat seperti Ibukota akan kewalahan menampung air hujan yang turun deras dan dapat berakibat banjir dimana-mana. Dan tiba saatnya kemarau datang, maka akan terjadi kekeringan dan krisis air bersih di beberapa wilayah di Indonesia. Saya selalu menengadahkan kepala ke langit yang biru dan sangat senang menyaksikan fenomena alam ini. Awan bergerombol membentuk formasi yang sangat indah namun dibalik semua itu menyimpan sebuah misteri yang harus depecahkan oleh manusia.

Tropical climate which gives effect to some parts of Indonesia which sometimes have high rainfall. So when the rainy season arrives, in some places like the Capital will hold overwhelmed water of the downpour and can result in flooding everywhere. Dry and when the time comes, there will be droughts and water crisis in several regions in Indonesia. I always raise my head to the blue sky and very happy to witness this natural phenomenon. Clustered cloud formations are very beautiful, but behind all of that, a mystery to be solve by humans.

takes time to see clouds1

Saya sangat senang melihat formasi awan yang menghiasi angkasa. Seperti sebuah lukisan dari Sang Maha Pencipta. Namun tatkala melihat beberapa tulisan yang menceritakan tentang keindahan salju, ingin rasanya berkunjung ke belahan dunia lainnya yang pada intinya sama-sama menunjukan keindahan alam semesta dan sebuah misteri.

I am very pleased to see the formation of clouds that decorate the space. Like a painting of the Creator. But when I read some writing that tells about the beauty of the snow, then I feel like I really want to travel to the other parts of the world that essentially equal that showing the beauty of the universe and the mystery.





article and photos by Ketut rudi



Song : D'Cinnamons - Selamanya Cinta 

No comments:

Post a Comment