Wednesday, October 3, 2018

Mengukir Bukit Kapur Menjadi Indah, Pantai Pandawa ( Carving Limestone Cliff Turned Into Beautiful Art, Pandawa Beach)

Salah satu pantai yang ada di Bali dari sekian pantai yang telah menjadi destinasi wisata adalah pantai Pandawa, pantai yang terletak di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dikarenakan oleh panorama alam yang masih murni yang begitu indah dan menawan dengan pasir putih, bersih serta ombak yang besar dikejauhan. Pengunjung dapat bermain kano pada air yang tenang atau menikmati deburan ombak yang maha dahsyat dari laut selatan. Sebelum memasuki pantai ini, maka akan disambut oleh dua tebing kapur yang sangat besar hasil ukiran para ahli dan patung pandawa yang ditempatkan di dinding tebing memberikan sebuah karya seni yang berbeda dari biasanya. Nama pantai Pandawa sendiri diambil dari tokoh pewayangan pandawa lima dan patung-patung berukuran raksasa telah menghiasi dinding kapur dengan indah.

One beaches in Bali of many beaches that have become a tourist destination is Pandawa beach, in the village of Kutuh, South Kuta District, Badung regency of Bali. This beach has its own charm due to its panorama of nature so beautiful and charming with white sand, clean and large waves observed far away. Visitors can play canoeing on the calm waters or enjoy the incredible waves of southern ocean. Before entering this beach area, you will greeted by two large limestone cliffs carved by experts and pandawa sculptures placed on the cliff wall give a different art than usual. The name of Pandawa beach taken from puppet of five pandawa and giant sculptures have beautifully decorated on limestone walls.

pandawa beach 8

Ramai pengunjung yang berdatangan ke pantai ini baik wisatawan domestik maupun internasional. Namun lebih banyak wisatawan domestik yang saya jumpai berkunjung ke pantai ini.

Crowd of visitors who came to this area both domestic and international tourists. But more domestic tourists I met visiting this area.

pandawa beach 9 pandawa beach 12

Tampak ribuan orang menikmati liburan mereka dengan bermain kano atau sekedar melewati hari dengan ngobrol santai di pinggir pantai sembari bermain pasir putih atau bermain layang-layang. Sebuah tempat yang menyenangkan.

There were thousands of people enjoying their holidays by playing canoeing or just spending the day chatting on the beach while playing white sand or kite. A pleasant place.

pandawa beach 11 pandawa beach 10

Fotografi juga sangat baik dilakukan di pantai ini jika malas untuk berbasah ria bermain kano. Oleh sebab itu tidak jarang pengunjung melakukan selfie, wefie atau berburu photo seperti berburu pokemon dalam permainan pokemon go.

Photography is also very well done on this beach when feel lazy to wetter on canoeing. Therefore often found visitors do selfie, wefie or photo hunt like hunting Pokémon in Pokémon go.

pandawa beach 5 pandawa beach 7 pandawa beach 2 pandawa beach 4

Kembali ke masa lampau bahwa seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan akan obyek wisata baru terus berkembang sehingga setelah dilakukan pembangunan jalan menuju pantai pandawa dengan membelah bukit kapur yang menutupi pantai, sehingga pantai pandawa ini mulai di lirik dan berubah menjadi salah satu objek wisata baru di Pulau Dewata. Sedikit demi sedikit pola hidup masyarakat sekitar berubah dan berkembang, salah satunya dalam segi ekonomi. Yang dulu penduduknya hanya bermata pencaharian sebagai petani jagung sekarang sudah mulai beralih ke usaha-usaha kecil, seperti membuka warung-warung di sekitar pesisir pantai, hingga menyewakan kano untuk para pengunjung. Dengan adanya hal itu struktur perekonomian di sekitar pantai pandawa mulai mengalami perubahan menjadi lebih produktif. (Sumber : I Gede Wijaya, komunikasi pribadi 25 April 2015)

Back to the past than time rolling day by day and the need for new attractions continue to grow so that after construction of the road to the beach by splitting on the limestone hills that covering the beach, so this pandawa beach began to popular and turned into one of the new tourist attraction on the island of Gods. Day by day the pattern life of the surrounding community changes and develops, one of them is in economic terms. Former the local community's livelihoods as corn farmers have now begun shifting to small businesses, such as opening stalls around the coast, renting canoes for visitors, etc. This development made structure of the economy around the pandawa coast began to change to become more productive. (Source: I Gede Wijaya, personal communication April 25, 2015)

pandawa beach 1

Dahulu sebelum pantai pandawa ini terkenal, pasti anda tidak menyangka bahwa area pantai pandawa dan sekitarnya merupakan sebuah lahan luas yang dipenuhi dengan semak belukar tidak berarti dengan dikelilingi tebing kapur yang terjal, mungkin juga bisa dikatakan seperti tidak ada artinya sama sekali. Perlu diketahui juga, dahulu tidak ada yang mau membeli tanah di tempat ini dan tidak seperti saat ini yang begitu mudah di jangkau dengan jalan yang lebar dan bahkan sampai macet. Dan tentunya sudah dikuasai oleh para Investor.

Formerly before this pandavas beach famous, surely you do not know that pandawa beach area and its surroundings was a vast land that filled by undisturbed shrubs surrounded by steep limestone cliffs, may also said as no meaning at all. Please note also, no one intended to buy land in this place and it is not like today that the place is so easy to reach with a wide road even jammed. And of course already controlled by the Investors.

Article and Photos by Ketut Rudi (From many Sources)
Location : Pandawa Beach Bali
 Models : Afrianti ari and Fam


Song: Jaran Goyang Ska Version 

No comments:

Post a Comment