Thursday, December 20, 2018

Bersepeda Untuk Kesehatan (Cycling For Health)


Bagi kebanyakan orang bersepeda adalah hal yang membosankan. Namun beberapa tahun belakangan ini, olahraga bersepeda semakin digemari oleh kalangan masyarakat terutama di masyarakat perkotaan yang sudah bosan melihat polusi udara oleh kemacetan lalu lintas. Berbagai komunitas bersepedapun mulai bertumbuh dengan pesat mulai dari sepeda balap, fixie, MTB, BMX, dan masih banyak lagi. Anda mungkin termasuk salah satu penggemar aktivitas bersepeda. Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan dapat mempertahankan daya tahan tubuh.

For most people cycling is boring. But in recent years, Cycling is more and more loved by the people, especially in urban communities who are already tired of seeing air pollution by traffic congestion. Cycling communities began to grow rapidly ranging from a racing bike, pixie, Mountain Bike, BMX, and many more. You may include on one of fan cycling activities. Concerning on cycling is a sport, so if you do it regularly then it will obviously make healthy on your body. A healthy body will able to maintain endurance.


bersepeda4


Bersepeda akhirnya menjadi sebuah hobi, akhirnya banyak aktifitas bersepeda dibuat oleh beberapa instansi untuk memeriahkan ulang tahun instansinya, seperti contohnya sepeda santai sebagai bentuk usaha untuk mengkampanyekan kegiatan bersepeda ini. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut maka para komunitas pencinta bersepeda akan dapat bertemu dengan banyak orang baru dan permainan -permainan menantang berhadiah sebagai daya tarik untuk bergabung pada kegiatan bersepeda itu.

Cycling finally became a hobby, eventually many cycling activity made by several agencies to enliven the anniversary of some institution, for example cycling day as a form of an effort to campaign this cycling activity. In these activities then the community of cycling enthusiasts will able to meet lots of new people and challenging game with prizes as an enticement to join the cycling activities.
 

bersepeda2


Dalam sebuah gym terdapat sebuah fasilitas simulator sepeda yang dapat dipergunakan untuk membakar lemak terbaik selain kardio dan fasilitas lainnya. Namun perlu motivasi yang baik agar orang mau berolah raga dan menggunakan fasilitas-fasilitas ini. Kebanyakan orang tidak termotivasi untuk melakukan aktifitas olah raga dan cendrung bersantai di dalam kamar sembari bermain video game khususnya para pelajar dan anak-anak muda.

In a gym there are bicycle simulator facility that is best tool to be used on burning fat effectively besides cardio and other facilities. But need a good motivation for people on willing to get exercise and using these facilities. Most people are not motivated to do sporting activities and tend to relax in the room while playing video games especially for students and young people.
 

bersepeda1


Ada banyak alasan yang akan kita temukan tatkala bertanya kepada orang- orang yang enggan untuk berolahraga termasuk bersepeda. Seperti tidak punya waktu, sibuk, atau olah raga adalah sesuatu yang mahal mengingat biaya menjadi member sebuah gym adalah mahal harganya, serta tidak mampu membeli sepeda dan atributnya seperti para pencinta sepeda yang menggunakan sepeda canggih dengan harga yang mahal. Lari atau berjalan kaki adalah olah raga termurah dan bisa dikatakan tanpa mengeluarkan biaya, namun kebanyakan orang malas melakukannya meski lemak yang banyak telah menempel pada tubuh orang-orang gemuk. Malas dikarenakan oleh hasil dari berolah raga yang belum bisa dirasakan oleh kebanyakan orang. Dan tentu capek setelah beraktifitas di tempat kerja juga memicu rasa malas untuk berolah raga. Lantas bagaimana caranya agar termotivasi dalam olah raga?, berikut adalah tips yang saya ambil berdasarkan pengalaman orang-orang yang rajin berolah raga:
  1. Biasakan menjadi orang yang aktif. Rasa malas muncul pada saat kita tidak memiliki kesibukan. Setiap manusia secara alamiah menyukai kondisi pada saat tidak memiliki sebuah kesibukan. Orang yang aktif dalam bekerja akan mendapatkan prestasi berupa naik jabatan atau gaji yang tinggi, maka orang yang rajin berolah raga akan mendapatkan kesehatan jiwa dan raganya. Tubuhnya menjadi seksi idaman setiap orang. Apakah anda tidak mau menjadi sehat atau ganteng?. Kalau mau mulailah berolah raga paling sederhana adalah bersepeda atau berjalan kaki ke kantor.
  2. Olah raga itu menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dalam komunitas. Oleh sebab itu bergabunglah dalam sebuah komunitas olah raga. Atau lakukan olah raga di tempat yang ramai seperti lapangan kota atau yang sejenisnya sehingga anda bisa bertemu dengan orang-orang yang sejenis. Apalagi sampai menemukan pacar ditempat itu, maka anda sudah menemukan pasangan hidup yang sehat karena mencintai olah raga.

There are many reasons we will find when asked to people who are reluctant to exercise, including cycling. Like no time, busy, or sports is something that expensive such need high cost for becoming a member of a gym which is expensive, and not being able to buy a bike and attributes such as bicycle enthusiasts who use sophisticated bike at a great price. Running or walking is the cheapest sport and it can be said without cost, but most people are lazy to do even that much fat in the body of obese people. Lazy is more due to the results of exercise that can not be felt by most people. And of course tired after activity in the workplace also trigger a sense of lazy to exercise.

So how do you get motivated to exercise ?, here are tips that I took based on the experience of those who diligently on taking the exercise:
  1. Get used to be an active person. Feeling lazy arise when we do not have the bustle. Every man naturally like conditions that at the time did not have a busy life. People who are active in work will get promoted or achievement in the form of high salaries, the people who diligently on exercise will gain a health body and soul. Their body will always sexy which dreams by every person. Don't you want to be healthy or handsome ?. If you want to then start the simplest exercise is cycling or walking to work.
  2. The exercise is more fun when conducted together in the community. Therefore, join a sports community. Or do sports in a crowded place like a city square or others place so that you can meet with people who are having similar hobby. Moreover, when you are finding a boyfriend or girlfriend there, then you've found a healthy life partner.
bersepeda3


Jadi motivasi untuk berolah raga sangat penting. Dan akan lebih baik lagi kedepannya timbul sebuah pendapat yang sama di setiap orang bahwasannya bersepeda bukan hanya sebuah hobi akan tetapi sebuah misi untuk menyehatkan diri dan dapat membersihkan lingkungan dari polusi. Coba kita bayangkan semua orang pergi ke kantor dengan bersepeda atau berjalan kaki seperti di China, maka tidak ada lagi kemacetan dan berapa bahan bakar dapat dihemat penggunaannya. Ayo bersepeda!

So the motivation on exercise is very important. And it will be better in the future arise a same opinion on every person that cycling is not just a hobby but a mission to nourish selves and can clean up the environment from pollution. Let us imagine that all people go to their office by cycling or walking as in China, it is no longer congestion and how much fuel can be saved. Let's cycling!



Article By Ketut Rudi
Photos by Sandy Budiwan and Ketut Rudi


Song : Nano - Separuhku 

No comments:

Post a Comment