Wednesday, January 30, 2019

Sebelum Ku tinggalkan Kota Kalabahi waktu itu (Before I left Kalabahi City at that time)


Saat hendak berangkat ke Alor, semangat membara ada di dalam hati dan penuh rasa ingin tau akan Pulau Alor yang sebenarnya sudah terkenal didunia karena keindahan alam dan lautnya. Ada rasa sedih tatkala berada di atas kapal Awu yang akan membawaku pulang. Banyak kenangan diriku di Pulau ini dan aku merasakan alam dan kasih sayang masyarakat yang ada di plosok-plosok Pulau ini.

At the time when ready to go to Alor, the burning spirit is in the heart and full of desire to know about the Island which is already famous in the world for its natural beauty and sea. But there was a feeling of sadness when I was on the ship Awu that would take me home. Many memories inside me regarding to this island and I felt the nature and affection of  people inland of the Island.


At Kalabahi Pier At The Time
Seperti sebuah keadaan yang sangat berbanding terbalik saat hendak berkunjung dan saat kembali pulang. Hubungan di antara saya dan kenangan di Pulau ini seperti hubungan ibu dan anak yang bisa dikatakan sebagai sebuah hubungan yang terjalin paling tulus dan tanpa batas. Rasanya memang nggak akan ada yang bisa mengalahkan hubungan yang satu itu. Sepertinya bukan sesuatu yang baru lagi kalau ada rasa kesedihan yang dalam ketika harus ada kata perpisahan dari Pulau ini.

Like inversely situation at the time when departing to visit the island and returning home. The relationship between me and memories on this island is like the relationship between mother and child which can be said to be the most sincere and unlimited relationship. It feels like no one can defeat that relationship. It is not new thing when there is a deep feeling of sadness when there must be a farewell word from this Island.

At Kalabahi Pier At The Time
Pulau ini menyimpan banyak keunikan bak seorang tuan rumah yang memberikan suguhan terindah kepada seluruh tamu yang datang mengunjunginya. Tak akan ku lupa saat menyusuri jalan-jalan yang indah yang diselimuti pemandangan yang masih alami.

This island saves a lot of uniqueness like a host who gives the most beautiful treats to all guests who come to visit. I will never forget when I walk the beautiful streets enveloped by unspoiled scenery.

At Kalabahi Pier At The Time
Alor menyimpan banyak pesona alam dan budaya yang akan selalu ku kenang dan suatu saat nanti pasti aku akan kembali lagi. Kapal pun berangkat dan saat berada di tengah lautan aku terbangun dan merindukan Ibu yang ada dirumah yang membutuhkan kedatanganku.

Alor saves a lot of natural and cultural charms that I will always remember and someday I will definitely come back again. The ship departed and when I was in the middle of the ocean I woke up and missed my mother at home who miss me and wait for my my arrival.




Article and photos by Ketut Rudi



LAGU RINDU - Kerispatih - Hasmita Ayu & Rusdi Cover 

No comments:

Post a Comment