Sunday, February 25, 2018

Saya Memilih Berlayar (I would Preffer "Sailing" )

Setelah membaca berita-berita kecelakaan beberapa moda transportasi, lautan itu sungguh mengerikan. Akan tetapi pada musim-musim tertentu lautan itu seperti surga baru dan pengalaman baru. Pada saat berjalan dan menuju dermaga yang penuh sesak dengan orang berlalu lalang tercium hawa pantai dan tercurah cahaya yang menyilaukan dari lautan lepas tanpa berujung.
After reading the accident news on several modes of transportation, then I thought the ocean was really horrible. However, at certain seasons, it turn the ocean as a new heaven and a new experience. On my way to pier and crowded with people passing by smelled the fresh of the beach air and blinding light poured from the open sea without a lead.

pantai biu 3

Menunggu bersama-sama penumpang lainnya dibawah sinar matahari berdesakan dan bercakap-cakap atau menikmati indahnya pantai sekitar dermaga membawa suasana tersendiri. Sampai pada saatnya kapal besar itu bersandar di dermaga.
Waiting together with the other passengers jostled up to the sun and chating or enjoying the beautiful beach around the pier brings its own atmosphere. Until the time comes, the big shape rely on a big ship pier.

kmp awu7

Mata kita dibuai oleh keindahan pantai dan pesona alami seperti dibelai dan diajak untuk tetap tinggal. Lain halnya seperti berada di ruang tunggu yang dikelilingi oleh tembok yang berhiaskan lukisan pantai yang indah serta dingin yang bersumber dari hembusan air conditioner. Orang - orang hanya bisa duduk sambil membaca buku tentang indahnya petualangan atau percintaan.
Our eyes rocked by beautiful beaches and natural charm as caressed and invited to stay. Another case like being in the waiting room surrounded by walls adorned with paintings of beautiful beaches and cool sourced from exhaled of air conditioner. People can just sit and read a book about the beauty of adventure or romance.

pantai biu 1

Indahnya Pantai membuat saya betah untuk tinggal meski dibawah terik matahari. Perasaan cemas untuk mengarungi lautan masih terbesit di dalam pikiranku bercampur dengan keinginanku untuk merasakan sensasi mengarungi lautan. Orang-orang disekitarku mungkin merasakan hal yang sama. Akan tetapi bagi warga setempat sepertinya sudah terbiasa akan hal ini.

The beauty of the beach made me feel comfortable to stay even under the scorching sun. Feeling anxious to sail the oceans still stay in my mind mixed with my desire to feel the sensation of the seas. People around me probably feel the same way. But for local residents seem to have become accustomed to this.

kmp awu5

Bel kapal mengaung menggema menandakan agar penumpang segera menaiki kapal dan serentak semua orang menuju kepada tangga kapal dan berbaris rapi menuju dek kapal. Hanya tersedia beberapa kamar eksekutif dan beberapa tempat tidur di kelas ekonomi yang memaksa beberapa penumpang berebut tempat yang baik di atas kapal. Mungkin beberapa penumpang melewati lautan dengan kondisi tidur. Kalau saya tidak .

Bel sound echoed indicate that passengers immediately on board and at the same time everyone was heading to the ship and tidy rows of stairs toward the deck of the ship. Ship is equipped with some executive rooms available and some beds in economy class which is making passengers scramble forcing some good places on the ship. Perhaps some of the passengers passing through the ocean with nice sleep. But not for me.

rote

Saya tidak bisa tidur dan saya menunggu dan menunggu keindahan yang akan saya lewati. Keindahan itu terjadi secara alami. Keindahan yang mungkin tidak saya dapatkan di tempat lain.
I could not sleep and I wait and wait for the beauty that I will pass. The beauty of it is naturally occurring. The beauty that I might not get elsewhere.

laut sawu

Dan sampai pada waktunya. Saya berada ditengah lautan dan sepertinya lautan itu tidak memiliki batas. Pulau pulau yang dilewati tenggelam seperti ditelan bumi. Cahaya matahari membuat warna biru hilang diganti warna perak bercahaya. Sungguh indah.
And up in time. I was in the middle of the ocean and the ocean seems to have no limits. Islands are sinking like the earth swallowed and skipped in front of my eyes . The sunlight makes the color blue disappear and changed to luminous silver color. It's beautiful.

semau 7

Perjalanan ini membuat saya cinta akan lautan. Laut yang bersih merupakan karunia tuhan yang maha besar. Tapi pada saat musimnya datang laut memang seperti bukan ciptaan tuhan. Tapi memang benar manusia jugalah yang nantinya merusak lautan itu.
This trip made ​​me love going to the ocean. Clean sea is a gift of god almighty. But by the time the season comes the sea is like not divine creation. But it is true that humans, too, will ruin the oceans.

Pelabuhan Rote2

Puing dermaga sepertinya menjadi catatan jeleknya perencanaan dermaga. atau ganasnya lautan itu. Puing itu diam membisu dan menjadi terumbu karang buatan yang indah nantinya. Daerah kepulauan dan susahnya menjangkau daerah pembangunan mungkin juga menjadi penyebab adanya puing dermaga. Pembangunan pulau-pulau kecil dilakukan secara bertahap dari tingkat yang paling sederhana sampai ke tingkat paling besar. Dibenak saya pembangunan juga menghadapi ganasnya lautan.
Debris dock seems to be a bad note dock planning. or the ferocity of the ocean. Debris was silent and be beautiful artificial reef later. Archipelago and difficulty in reaching in any typical area may also be a cause of rubble pier. Development of small islands carried out gradually from the simplest level to the highest level. In my mind I assumed that the development will versus to the beast of the ocean.

semau

Sebagai seorang yang terlibat dalam pembangunan ini, maka saya harus membiasakan diri menggunakan moda transportasi laut. Tapi jujur saya menjadi suka melaut karena banyak keindahan pantai, laut dan pulau-pulaunya yang membuat saya merasa berada di dunia lain. Lautan itu indah dan berlayar itu menyenangkan. Coba buktikan!.
As someone who is involved in this development, then I have to get used to using sea transportation. But be honest I like sailing because many beautiful beaches, the sea and the islands made me feel the other side of my life . The ocean is beautiful and sailing is fun and it was fun. Prove it !.

semau 3



Artikel dan Gambar Oleh : Ketut Rudi Utama
Dalam perjalanan survey ke Pulau Sabu Raijua

Article and Picture By Ketut Rudi Utama survey trip to the island of Sabu Raijua


Song : EU PEGU JULIANA - LAGU DANSA TIMOR KIZOMBA NTT  

No comments:

Post a Comment