Wednesday, October 3, 2018

Belajar Dari Jalan Yang Berliku Di Sumba (Learning From The Winding Road Of Sumba)

Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan dari suatu tempat menuju tempat lainnya akan menyusuri sebuah jalan. Mulai dari moda transportasi yang tercanggih sampai dengan berjalan kaki.
Everyone has a journey. Traveling from one place to the other place going down a road. Ranging from the most advanced mode of transport to walking.

a journey1

Ternyata ada yang menarik dari sebuah perjalanan apalagi menempuh sebuah jalan yang baru pertama kalinya dilewati. Menyusuri jalanan yang hampir setiap hari dilewati kadang cukup membosankan. Oleh sebab itu pada kesempatan ini, saya mencari sebuah jalan yang mampu menunjukan bahwa jalan - jalan itu adalah sesuatu yang menyenangkan.
Apparently there are something interesting on traveling especially when passing to a new route that passed for the first time. Sometimes passing the streets which almost every day passed is quite boring thing to do. Therefore, on this occasion, I am looking for a new route where is able to show that traveling is a fun one.

a journey2

Untuk menemukan jalan paling berliku serta jalan-jalan indah di dunia yang memiliki tanjakan dan tikungan tentu membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun ternyata di Negara saya sendiri terdapat sebuah jalan yang cukup indah. Meliuk-liuk dan membangkitkan gairah dan cukup menguji adrenalin bagi para pengendara dan pastinya petualang yang menyukai tantangan.
To find the most winding roads and beautiful streets in the world that have incredible inclines and bends also surrounding would require a fairly high cost. But it turns out in my own country there is a route which is quite beautiful to pass through. Writhed and excite and adrenaline challenging for the riders and of course adventurous who like a challenge.

a journey3

Sebenarnya bukanlah tantangan sebuah perjalanan itu yang saya sukai, namun ada beberapa filosofi yang dapat dijumpai dari perjalanan ini. Kebanyakan orang akan menunjukan foto - foto mereka pada suatu tempat yang mereka kunjungi. Tapi jarang mereka mau menceritakan bagaimana mereka dapat mencapai tempat itu.
Actually, it's not a challenge of a trip that I like, but there are some philosophies that can be found by this trip. Most people would show photo as a picture of the place they have visited. But rarely they want to tell how they get there.

a journey4

Filosofi yang saya dapatkan bahwasanya sebuah perjalanan menunjukan kepada saya bahwa dunia ini cukup luas untuk diketahui. Mungkin untuk orang yang tidak mampu dari segi finansial, maka tidak akan cukup usia ini untuk berjalan kaki mengelilingi dunia yang maha luas ini.
The philosophy that I got that a trip showed me that the world is large enough to be explored. Maybe for people who can not afford financially, then it would not be old enough to walk around the vast world .

a journey5

Sebuah perjalanan sudah pasti menambah keakraban antara sesama orang yang melakukan perjalanan. Terkadang hidup sering diibaratkan seperti roda yang berputar, ada saatnya dibawah, ada saatnya diatas, hal ini mungkin lebih ke soal keberuntungan finansial. Melalui perjalanan ini pengertian akan hidup bisa sama dengan dianalogikan seperti jalanan yang berliku-liku. Sudah pasti jalanan yang berliku-liku itu bisa bikin sakit kepala, mual dan mabuk sehingga muntah, sama seperti manusia yang pusing pada saat menghadapi sebuah masalah yang ruet.

A trip certainly increase familiarity among people who gathered on that trip. Sometimes life is often likened to a spinning wheel, there comes a time down, then there comes a time above, this may be down to a matter of luck in financially. A trip through a route then the meaning of life could be the same with analogous to walk on a winding streets. It is definitely the winding streets can make headaches, nausea and vomiting, just the same thing like humans are dizziness when facing a heavy problem.

a journey6

Sebuah perjalanan yang menempuh waktu yang cukup lama atau jarak yang cukup jauh mengingatkan kita bahwasannya waktu itu cepat sekali berlalu. Oleh sebab itu setiap perjalanan yang dilakukan oleh manusia adalah sesuatu yang penting dalam hidupnya. Karena menghabiskan banyak waktu. Ingat waktu adalah uang. Kecuali orang yang berjalan tanpa arah.
A journey which take a long time or a considerable distance which reminds us that time passes quickly. Therefore, every journey undertaken by humans is something important in their life. Of course due to spend a lot of time. Remember time is money. Unless the person who runs without any direction.

a journey7

Seperti menulis artikel ini, saya tidak tahu apakah bermanfaat atau tidak. Namun saya yakin tulisan ini mungkin saja bermanfaat sembari melakukan sebuah perjalanan. Meski kadang kala saya merasa menulis ini sepertinya melakukan perjalanan tanpa arah.
Like writing this article, I do not know whether it is worthwhile or not. But I believe this article may be useful while doing a trip. Although sometimes I feel writing this article seems the same as traveling without any direction.

a journey8

Tapi sebuah perjalanan seperti mendaki sebuah gunung yang terjal itu akan menjadi ringan dilakukan kalau kita pergi hiking barsama seperti teman, sahabat, atau warga setempat. Saling menyemangati. Sama seperti hidup ini. Masalah yang berat akan selalu dapat terpecahkan jika dibantu oleh sahabat, kerabat atau siapa saja yang ditemukan menjadi malaikat penolong.
But a trip for example like climbing a steep mountain it will be lightweight done if we go hiking together accompanied by friends, relatives or local residents. Encourage each other. Just like human life. Severe problems will always be solved if assisted by friends, relatives or anyone who is found to be an angel as a helper.

a journey9

Oleh sebab itu jadilah selalu malaikat penolong yaitu menjadi insan yang suka menolong bukan membuat sesat perjalanan hidup orang lain.
Therefore be always angelic helpers which becomes man who likes to help other nor make a misguided journey of life of others.

a journey10

Orang yang melakukan persiapan yang baik dalam setiap perjalanannya pasti akan selamat. Meski kadang kecelakaan dalam perjalanan itu bisa saja menimpa siapa saja yang melakukan perjalanan, tapi persiapan yang baik memiliki peluang tertimpa musibah dalam perjalanan yang lebih kecil.
People who do a good preparation in every journey they take would have survived until destination. Although sometimes accident in the middle of a journey that possibly happened to anyone on traveling, but a good preparation has a small chance to face it.

a journey12

Sebuah quota yang menggunakan istilah perjalanan sangat menggugah hati. Kalimatnya seperti ini, " Lakukan yang terbaik hari ini dan lebih baik lagi dikeesokan harinya, maka ketika menoleh kebelakang maka anda akan melihat masa lalu yang indah dan akan menatap masa depan yang cerah". Seperti melihat foto jalan raya yang telah diabadikan sewaktu melakukan perjalanan yang sangat memukau.
An evocative quota that comes up by traveling activity . The sentence like this, "Do your best today and better the next day, then at the time you are turning round then you will see the beautiful past and will be staring at a bright future". Such as viewing photos of road which has been immortalized through a photograph when crossing a very intriguing road.

a journey13

Oleh sebab itu maka persiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dan sampai detik ini saya sangat senang mengabadikan alam disepanjang jalan dalam sebuah foto sehingga saya akan bersyukur kepada tuhan karena telah mampu melewati jalan yang berlika-liku itu.
Therefore prepare your self before traveling, and until this moment I am very happy to perpetuate nature along the road in a photograph so I will give thanks to God because I were able to pass through the winding road.

a journey14

Kita hendaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membangun jalan - jalan yang ada sehingga mempermudah kita untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini kita sebagai warga negara hendaknya turut serta menjaga jalan - jalan yang ada serta membayar pajak karena dengan membayar pajaklah pembangunan jalan dapat terselenggara.
We should be grateful to all those who have built the road that causing easier for us to reach the destination. In this case we as citizens should participate to maintain the existing roads and pay tax because by paying tax continuously, road construction can be held.

a journey16

Jalan tidak selamanya akan lurus dan halus. Seperti dalam menjalani hidup ini bahwasannya hidup yang statis itu tidak enak. Seseorang yang memiliki hidup dinamis penuh tantangan akan mampu melihat bahwa jalan hidup itu berlika-liku dan kadang kala berbahaya.
Road does not always straight and smooth. As in this life, static life will be very boring. Someone who has a dynamic life full of challenges will able to see that the way of life is winding full of turns and sometimes dangerous.

a journey17

Menempuh sebuah perjalanan sudah pasti sangat melelahkan. Semua yang pernah melakukan sebuah perjalanan pasti pernah berhenti dipinggir jalan untuk melepas lelah.
Taking a trip was certainly very tiring. All who had done a trip would have been stopped alongside a road to unwind.

a journey18

Oleh sebab itu berhati - hatilah di jalan karena kecelakaan terbesar adanya di jalan raya. Menurut saya dijalan seperti pada photo diatas hendaknya dipasang rambu "Tidak Boleh Terjadi Kecelakaan, Karena Rumah Sakit Jauh".
Therefore, be careful on the road because the largest accident presence on the highway. I think a road shown by the photo above should be installed a road signs " Accident prohibited, Hospital Is Far Away".

Article and photos by Ketut Rudi
Location : Road to Nggongi East Sumba Models : Grifin And Yongsine Car sponsored by : Sinar Tambolaka Hotel South West Of Sumba (Recommended Place to stay in Sumba)



Song : Marapu - Eri rambu balu 

No comments:

Post a Comment