Wednesday, October 3, 2018

Kenapa Banyak Orang Suka Pulau Jawa? (Why Many People Like Java Island?)

Berbicara mengenai Pulau Jawa, maka saya kebingungan dari mana memulainya. Namun sedikit pemaparan singkat tapi kaya makna yang didapatkan dari wikipedia dapat menggambarkan pulau Jawa sebagai berikut : Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dan merupakan terluas ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk kurang lebih hampir 160 juta, pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. Pulau Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia bahkan penduduk di pulau jawa secara terus menerus terjadi perpindahan (transmigrasi) dari pulau Jawa ke seluruh Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa. Jawa adalah pulau yang relatif muda dan sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini, dengan dataran endapan aluvial sungai di bagian utara. Banyak kisah sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Dahulu, Jawa adalah pusat beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Sebagian besar penduduknya bertutur dalam tiga bahasa utama. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari 100 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar penuturnya berdiam di pulau Jawa. Sebagian besar penduduk adalah bilingual, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Dua bahasa penting lainnya adalah bahasa Sunda dan bahasa Betawi. Sebagian besar penduduk Pulau Jawa beragama Islam namun tetap terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini. Yuk simak photo story edisi kali ini bertajuk Pulau Jawa "Gemah Ripah Loh Jinawi".

Discussing about Java Island, I confused from where to start. However, a brief but rich of meaning derived from Wikipedia could describe the island of Java as follows: Java is an island in Indonesia and the 13th largest in the world. With a population of approximately 160 million, this island has the largest population in the world and is one of the most densely populated places in the world. Java Island inhabited by 60% of Indonesia population and even residents on the island of Java ongoing migration (transmigration) from the island of Java to all over Indonesia. The capital of Indonesia, Jakarta, is located in Java. Java is relatively categorized to young island and is formed mostly by volcanic activity. Rows of volcanoes form a ridge stretching from east to west of the island, with alluvial sedimentary plains of rivers in the north. Many historical stories of Indonesia taken place on this island. In the past, Java was the center of Hindu-Buddhist kingdoms, the Islamic sultanate, the Dutch East Indies colonial government, and the center of Indonesia's independence movement. The island has a major impact on social, political, and economic life of Indonesia. Most of population speak in three major languages. Javanese is the mother tongue of 100 million Indonesians, and most of its speakers live on the island of Java. Most of the population is speaking in bilingual, who speak Indonesian both as a first and second language. The other two important languages ​​are Sundanese and Betawi. Most of the population of Java Island is Muslim but there are various religions, believe, ethnic groups, and cultures on . Let's read this photo story edition titled Java "Gemah Ripah Loh Jinawi" means (abundant natural wealth).

Pekalongan Central Java 2
Pekalongan Central Java
Pekalongan Central Java 1
Pekalongan Central Java
desa sesi pekalongan jawa tengah
Sesi Village Pekalongan Central Java


Menyusuri jalan di Pulau Jawa, saya sangat terkejut bahwa Pulau Jawa tidak seperti apa yang ada dibenak yakni padatnya rumah dan bangunan seperti di Ibu kota Jakarta dan hamparan sawah yang luas ada hampir disetiap kabupaten yang saya lewati. Dan hal ini memberikan gambaran bahwa mungkin saja sebagian besar lahan pertanian di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sebuah potensi besar dibidang pertanian dan perkebunan di Pulau Jawa. Namun melihat pertumbuhan Industri yang pesat maka tidak menutup kemungkinan lahan-lahan perkebunan dan sawah ini semakin menyempit oleh kebutuhan perumahan dan lahan industri.

Down the road on the island of Java, I was very surprised that the island of Java is not like what I thought such high density of houses and buildings such in Jakarta the capital city of Indonesia and vast expanse of rice fields in almost every district that I passed. And by this experience then it is possible that most of Indonesia's agricultural land is on the island of Java. A great potential in agriculture and plantation in Java. However, seeing the rapid growth of industry then it is possible that plantation and paddy fields is increasingly narrowed by the needs of housing and industrial land.

kebun tebu donomulyo
Sugar Cane Fields in Donomulyo Malang East Java


Selain sawah yang luas, dapat dijumpai perkebunan tebu di Kabupaten Malang, perkebunan teh di Jawa Barat dan masih banyak lagi jenis perkebunan lainnya yang ada di Pulau Jawa yang tentunya ada dan tetap berjalan karena keberadaan pabrik-pabrik pengolahan di Pulau Jawa. Tentunya kondisi ini masih diperlukan usaha pengembangan dan kerjasama yang baik untuk mensejahterakan petani dan warga desa. Disamping keberadaan pabrik-pabrik, harga bahan makanan di pasar tradisional di Pulau Jawa relatif lebih murah dan lengkap dibandingkan dengan daerah lainnya.

In addition to large rice fields, also found sugarcane plantations in Malang Regency, tea plantations in West Java and many other types of other plantations on the island of Java which is certainly growing and run well because of the existence of processing company in Java. Of course this condition is still requiring a good development and cooperation as an efforts to welfare farmers and villagers. In addition to factories, the price of raw materials in traditional markets in Java is relatively cheaper and more type available when compared to other regions.

ubi
Casava
semangka
Abundant Tropical Fruit
salak
Abundant Tropical Fruit
manggis
Abundant Tropical Fruit


Tidak heran lagi buah-buahan tropical sangat mudah dicari di Pulau Jawa dengan kondisi masih fresh. Dalam perjalanan saya, buah-buahan tropical sebagai peneman dalam perjalanan. Buah-buahan tropical yang dipasarkan di Pulau Jawa juga berasal dari Pulau Sumatera dan kebanyakan buah-buahan ini dikirim ke Kota-kota besar di Pulau Jawa dan bahkan ke pulau lainnya di Indonesia.

No wonder tropical fruits are very easy to find on the island of Java and definately in fresh condition. In my journey, tropical fruits as a friend along my trips. Tropical fruits that marketed on Java Island also come from Sumatra Island and most of these fruits are sent to major cities in Java Island and even to other islands in Indonesia.

makanan cepat saji
Fastfood in Java
makanan cepat saji 2
Fastfood in Java
makanan cepat saji 4
Fastfood in Java
makanan cepat saji 3
Fastfood in Java


Makanan di Pulau Jawa sangat bervariasi dan tersedia hampir disepanjang jalan, stasiun - stasiun serta di rest area. Bisnis kuliner saat ini memang sedang berkembang pesat di Jawa dan bahkan di Indonesia. Di Pulau Jawa terkenal dengan Warung Kopi yang menyediakan aneka makanan ringan seperti gorengan dan minuman hangat seperti teh, kopi atau kopi susu dan warung makan yang menyajikan makanan berat seperti warung tegal atau pasundan. Memang kebanyakan warung yang ada menyediakan makanan khas Jawa atau Sunda dan wisatawan asing mungkin belum biasa dengan sajian makanan ini tapi menu masakan Jawa atau Pasundan sudah tersedia di Restoran-restoran kelas dunia di Hotel-hotel berbintang yang ada di Pulau Jawa. Kerupuk pasti ada pada setiap warung makan yang ada. Makanan yang disajikan adalah halal.

Food in Java is varied and available almost along the way, bus or train stations and in the rest area. Culinary business is currently growing rapidly in Java and even in Indonesia. On the island of Java is famous for it's Warung Kopi (coffee shop) which provides various snacks such as fried foods and warm beverages such as tea, coffee or coffee with milk and food stalls which is serving heavy food such as "Warung tegal" or pasundan. Indeed, most of the food stalls provide Javanese or Sundanese food and foreign tourists may not be familiar with this but the menu of Javanese or Pasundan cuisine is already available in the world-class restaurants in star hotels that exist in Java. Crackers definately found at every food stall. The food served was kosher.

patung kuda salatiga 2
Horse Carriage Statue Salatiga Central Java
patung kuda salatiga 1
Horse Carriage Statue Salatiga Central Java
Patung selamat datang di Ponorogo
Welcome Statue At Ponorogo East Java


Tak cuma bentang alam yang indah, Pulau Jawa juga memiliki potensi luar biasa dalam hal wisata sejarah, budaya serta tata kota yang baik. Hampir semua kota di Pulau Jawa memiliki landmark yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Mulai dari bangunan tua dengan nilai sejarah tinggi, monumen peringatan, patung hingga tempat ibadah yang indah. Dan tak jarang, landmark-landmark tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan untuk dapat berfoto ketika berkunjung ke sebuah kota. Ada ratusan kota/kabupaten yang tersebar dari ujung timur hingga ujuang barat Pulau Jawa. Tentu tak mudah untuk mengenali masing-masing landmark di setiap kota. Setidaknya, ada beberapa kota di Jawa yang memiliki landmark yang sangat ikonik dan fotogenik.

Not only it's beautiful landscapes, Java Island also has tremendous potential in terms of historical tourism, culture and good urban planning. Almost all cities in Java have landmarks that characterize the city. Starting from old buildings with high historical value, memorials, statues to beautiful places of worship. And infrequently, these landmarks are the main purpose of tourists as a place to take photograph when visiting a city. There are hundreds of cities / regencies spread from the eastern to the western tip of Java Island. Of course not easy to recognize each landmark in every city. At least, there are several cities in Java that have landmarks that are very iconic and photogenic.

pedestrian di Jawa Tengah 1
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 2
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 3
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 4
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 6
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 9
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 10
Pedestrian in Java
pedestrian di Jawa Tengah 8
Pedestrian in Java
trucking 2
Pantura Rute


Ada banyak alternatif jalan menyusuri Pulau Jawa dan sangat berkesan tatkala melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi darat. Saya melihat di sepanjang jalur pantura mulai Kabupaten Kendal hingga Kabupaten Pemalang, terlihat cukup banyak pejalan kaki, becak, bahkan kendaraan-kendaraan besar menggunakan jalan yang sama. Sebagai orang yang pertama kali melewati rute ini, saya merasa aneh dan belum terbiasa. Jawa tengah memiliki Julukan Kota Santri istilah ini diberikan kepada kota-kota yang memiliki banyak pesantren dan terdapat banyak santri disana. Santri sendiri bermakna murid yang menuntut ilmu agama di pesantren.

There are many alternative rutes along the island of Java and an impressive thing when traveling using land transportation mode. I saw along the Pantura line from Kendal to Pemalang Regency, there were quite a lot of pedestrians, pedicabs, even large vehicles using the same road. As the first person to pass this route, I felt strange and unfamiliar. Central Java has the nickname of Santri City this term is given to cities that have many pesantren (Muslim Education Center) and there are many santri there. Santri itself means students who are studying religion at pesantren.

Cangar Malang 2
Cangar Batu Malang East Java
Cangar Malang 1
Cangar Batu Malang East Java


Lelah menapaki jalan raya yang super padat, ada banyak pilihan tempat wisata yang menarik di Jawa seperti Kolam Air Panas Ciater di Jawa barat atau Kolam air panas Cangar di batu malang Jawa Timur. Semua kolam air panas ini berada di daerah yang bersuhu dingin. Batu Malang Jawa Timur dimana dapat dijumpai wisata edukasi, wisata alam, wisata permainan dan lain sebagainya sama halnya di Jawa Barat. Berkunjung ke museum angkut, jatim park atau wisata lainnya juga bisa dilakukan di Malang, namun mengunjungi pemandian air panas Cangar adalah cara yang baik untuk melepas lelah dengan berendam di air panas alami. Salah satu pemandian air panas yang terkenal di batu malang. Lokasinya berada di kawasan cangar, lereng gunung arjuno welirang. Letak tempat wisata ini masih alami, sehingga anda bisa berendam di dalam air panas dengan suasana pegunungan yang sejuk dan asri.

Tired of cruising the super-crowded highway, there are many choices of interesting sights on Java such as Ciater Hot Spring in West Java or Cangar hot springs in Batu Malang East Java. All of these hot springs are in cold temperate areas. Batu Malang East Java where we found educational tour, nature tour, game tour and so forth as well as in West Java. Visiting the transport museum, jatim park or other tours can also be done in Malang, but visiting the Cangar hot springs was a good way to unwind by soaking in natural hot water. One of the famous hot springs in Batu Malang. The location is in the area of Cangar, arjuno welirang mountain slopes. The location of this tourist spot is still natural, so you can soak in hot water with a cool mountain atmosphere and beautiful.

hutan precet 2
Precet Forest Malang East Java
hutan precet 1
Precet Forest Malang East Java


Selain wisata air panas, Pulau Jawa memiliki area hutan yang luas kecuali Jakarta. Ya, satu tempat wisata alam di Jawa Timur yang sudah mendunia adalah kawasan Gunung Bromo. Rasanya belum lengkap sebagai seorang traveler jika tidak berhenti di salah satu area Hutan yang ada untuk menghirup udara segar.

In addition to natural hot spring tours, Java Island has a large forest area except Jakarta. Yes, a natural tourist attraction in East Java that known worldwide is the area of Mount Bromo. It feels incomplete as a traveler if does not stop in one of the existing Forest areas to breathe fresh air.

Ngliyep 2
Ngliyep Beach Malang East Java
Ngliyep 5
Ngliyep Beach Malang East Java
ngliyep 6
Ngliyep Beach Malang East Java
ngliyep 7
Ngliyep Beach Malang East Java
ngliyep 8
Ngliyep Beach Malang East Java
Ngliyep 3
Ngliyep Beach Malang East Java
Pantai Ngliyep 1
Ngliyep Beach Malang East Java


Pulau Jawa tentunya memiliki wilayah perairan yang luas dan laut selatan Pulau Jawa tergolong ganas dan bergelombang karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Liburan ke pantai, adalah kesukaan banyak orang, percaya atau tidak masyarakat dunia banyak yang jauh-jauh datang ke indonesia untuk berjemur di berbagai pantai di sudut negeri ini. Para pembaca pasti sudah pergi berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Indonesia termasuk Pulau Jawa. Salah satu contoh adalah Pantai Ngliyep yang ada di Kabupaten Malang sekitar 30 km keselatan dari kota Malang. Pantai ini dipercayai sebagai tempat persemayaman NYI RORO KIDUL. Hampir semua penduduk Pulau Jawa, dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya jika Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dulu hingga saat ini dikuasai oleh sesosok perempuan cantik mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. Dan memang benar pantai ini cukup indah dan sebagai tempat yang baik untuk meditasi bukan untuk berenang karena memiliki arus dan gelombang samudera yang besar.

Java Island certainly has a vast sea territorial and the southern sea of Java Island classified as fierce and bumpy because it is directly opposite the Indian Ocean. Vacation to the beach, is a favorite of many people, believe it or not many people of the world came all the way to Indonesia to sunbathe on various beaches in the corner of this country. The readers must have visited beaches in Indonesia, including Java. One example is Ngliyep Beach in Malang regency about 30 km south of the city of Malang. This beach believed to be a place to stay of NYI RORO KIDUL Almost all Javanese, and even for most Indonesian in general believe that the South Sea (South Beach) since long time ago dominated by a beautiful female supernatural creature Kanjeng Ratu Kidul or Nyi Roro Kidul. And it is true that this beach is quite beautiful and as a good place for meditation not to swim because it has a large currents and ocean waves.

Malang Jawa Tengah 1
Prohibition of disposing garbage on the river in Malang East Java
Ngliyep 4
one rubbish thousand problem campaign

Sampai saat ini sampah masih menjadi permasalahan yang belum terpecahkan khususnya bagi kota-kota besar di Indonesia dan Pulau Jawa pada khususnya seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya. Dalam manajemen kota, hampir setiap kota mempunyai permasalahan sampah yang sering menjadi masalah yang cukup pelik bagi kota-kota besar.Peraturan daerah telah berlaku di beberapa kota wisata di Pulau Jawa.

Until now, garbage is still a problem that has not been solved yet, especially for big cities in Indonesia and Java Island in particular like Jakarta, Surabaya, Bandung and others. In urban management, almost every city has a garbage problem that is often to become quite complicated for big cities. Local regulations have been applicated in several tourist cities on the island of Java.

penjual es tebu mojokerto 6
Sugar Cane Seller In Mojokerto
penjual es tebu mojokerto 5
Sugar Cane Seller In Mojokerto
penjual es tebu mojokerto 3
Sugar Cane Seller In Mojokerto


Meski banyak yang menyebutkan bahwa terdapat berbagai macam tantangan yang harus dihadapi di Pulau Jawa, seperti Jakarta sekaligus ibu kota Negara Indonesia sebagai contohnya yakni mulai dari kemacetan, banjir, polusi udara, kepadatan penduduk, dan lain-lain, Jakarta dan Pulau Jawa tetap menjadi magnet bagi sebagian besar pencari kerja, para siswa untuk mencari ilmu baik yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya maupun kota-kota lainnya di Indonesia. Dan bahkan mereka menikah menetap tinggal di Pulau Jawa dan berlomba-lomba datang ke Jakarta. Inilah yang disebut "Gemah Ripah Loh Jinawi".

Although many people says that there are various challenges that must be faced in Java, such as Jakarta as well as the capital of the State as an example that ranging from congestion, floods, air pollution, population density, etc., Jakarta and Java remain a magnet for most job seekers, students to seek knowledge both coming from Jakarta and surrounding areas and other cities in Indonesia. And even they settled to get married and live in Java Island and vying to come to Jakarta. This is called "Gemah Ripah Loh Jinawi".



Article and Photos by Ketut Rudi Java 2017



Song : Via Vallen - Sayang 

No comments:

Post a Comment