Monday, January 14, 2019

Ilmu Padi (Living A Life Just Like Paddy)

Ilmu padi bukanlah ilmu dalam arti sebenarnya, tetapi merupakan suatu filosofi hidup pada masyarakat Indonesia, dengan melihat jenis tanaman padi mulai dari pertumbuhan tanaman itu sampai berbunga hingga berbuah. Pepatahnya berbunyi sebagai berikut "Bagaikan tanaman padi, semakin berbuah semakin merunduk." Makna dari ungkapan ini adalah manusia tidak boleh untuk bersikap angkuh atau sombong karena usia atau kemampuan yang dimilikinya. Masyarakat Indonesia akan memandang baik seseorang apabila semakin tinggi usia, atau semakin tinggi kemampuannya, ia semakin merendahkan hatinya dan semakin bijaksana .

Learning from Paddy is not a science in the true sense, but it is a philosophy of life for Indonesian people, by observing the growth of paddy from the beginning until flowering to fruiting. Proverb reads as follows: "Just like paddy, the more fruitful the more down to the ground." The significance of this expression is that human shall not be arrogant or cocky because of age or ability. Indonesian society would appreciate a person better if the higher a person's age, or the higher of a person's ability, then that person will be more humble and wise .
Indah Daun ini1

Padi merupakan pohon yang menghasilkan bahan makanan pokok orang Indonesia yaitu beras, oleh sebab itu orang tua dulu menggunakan perumpamaan pohon padi sebagai nasehat bukan pohon yang lainnya.

Paddy is the tree that produces the Indonesian staple food rice, parents used to show paddy as a tell parable instead of other trees.

Indah Daun ini2

Pada saat kita berada pada tingkat yang lebih makmur dari orang lain, atau pada saat kita merasa bahwa kita berhasil karena kerja keras kita sendiri, maka pada saat itu kita mungkin bisa lupa bahwa manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Kadang-kadang kita lupa akan hal itu. Ketika kita diberi kenikmatan dalam bentuk kekayaan, kita kemudian malu jika bergaul dengan orang miskin. Ketika kita diberi kenikmatan kecantikan/ketampanan, kita lantas malu bergaul dengan yang jelek dan sebagainya. Demikian pula bagi yang merasa memiliki banyak kekurangan dalam hidupnya. Jangan pernah merasa rendah diri terhadap orang lain orang lain

At the moment we are at a level that is more prosperous than others, or when we feel that we are successful because of the hard work of our own, then at that time we could possibly forget that humans are social creatures who can not live alone. Sometimes we forget about it. When we were given the pleasure in the form of wealth, then it is a shame to associate with the poor. When we were given the pleasure of beauty / handsomeness, then it is a shame to associate with the bad and so on. Similarly, for those who feel they have a lot of flaws in their life. Do not ever feel inferior to others.

Indah Daun ini3


Dalam kehidupan di dunia ini, apakah Negara maju seperti Amerika atau negara lainnya memiliki prinsip yang sama dengan Indonesia yang sedang berkembang?.Jangan - jangan negara maju itu tidak seperti tanaman Padi melainkan tanaman bunga yang semakin bertumbuh maka semakin anggun dan menunjukan kekuatannya yang membuat tanaman padi itu tertunduk takluk.


In the life in this world, Do the developed countries such the United States or any other country have the same principle with Indonesia as a growing country? .Developed countries do not like paddy but flowers to grow, the more graceful and strong that makes paddy was bowed subdued, don't they? 






Ketut Rudi Utama




 Padi

padi


Calum Scott - If Our Love Is Wrong

No comments:

Post a Comment