Saturday, October 20, 2018

Pesona TTS: "KONA BA'U" Goa Kelelawar (Enchantment of TTS: "KONA BA'U" Bat Cave)




Satu lagi tempat indah yang dijelajahi oleh seorang sahabat Elgyzel Glen Ndjukambani di Kabupaten Timor Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur. Ya tempat ini bernama "KONA BA'U" (Goa Kelelawar) yang berada di Desa Boti, Kecamatan KiE, Kabupaten TTS - NTT.

Another beautiful place explored by a friend of mine "Elgyzel Glen Ndjukambani" in Timor Tengah Selatan District, East of Nusa Tenggara. Yes, reaching "KONA BA'U" (Bat Cave) in Boti Village, KiE District, TTS  - NTT.




Mungkin Anda mendengar atau mengetahui rekan Anda dan penuh rasa bangga dengan kegiatan mereka dalam mendaki gunung seperti misal gunung Bromo dan pendakian dilakukan untuk melihat view sempurna pegunungan Tengger. Atau di waktu tertentu Anda mendapatkan tugas dari senior Anda untuk melakukan tugas hiking selama berhari-hari lamanya camping di hutan dengan tujuan membuat jalur baru ke gunung.

Perhaps you have heard or known your colleague and were full of pride in their activities in climbing mountains such as Mount Bromo and climbing is done just to see the perfect view of the Tengger mountains. Or at certain times you got a task by your seniors to do hiking tasks and doing  camping for days in the forest with the aim of making a new path to the mountain.




Hiking atau tracking atau sebutan lainnya menjelajah alam adalah salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga. Biasanya tempat yang di tuju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah di buat. Namun sahabat saya melakukan hal yang sama di dataran Timor bersama dengan sahabat-sahabatnya yang memiliki hobi yang sama. Namun dibalik semua itu, teman saya bersama team yang telah dibentuk berhasil menapaki jalur-jalur yang baru belum pernah atau mungkin belum biasa dilakukan oleh kebanyakan group pencinta alam. Sebuah misi penting dan melahirkan pesan yang penuh makna kepada dunia. 


Hiking or tracking or other names in order to explore nature is one of the outdoor activities where groups of people performs walking activities as a recreational and sports activity. Usually destination to walk through is a location that has a beautiful panorama, with a path that has been made by other before. But my best friend did the same thing on the island of Timor together with his friends who share the same hobby. But behind all of that, my friend and  formed team successfully rocking the new paths that have never been or may not be used by most nature lover groups. An important mission and successfully creating  a meaningful message to the world.
 


Pesan yang disampaikan oleh sahabat saya beserta group yang melakukan penjelajahan menjelajah indahnya bumi Timor Tengah selatan adalah mengajak segenap pihak untuk lebih menyayangi dan mencintai alam. Sesuai pesan singkatnya yang di upload pada account FBnya adalah "Nikmati indahnya tanpa merusak/mengotorinya.Jaga Alam = Jaga Masa Depan!". Selamat bung dan saya membantu menuliskan dengan kata-kata sederhana sebab tidak ada kata lain yang bisa terucap untuk kegiatan ini. Luar Biasa. 


The message conveyed by my friend and the group exploring the beauty of  South Central Timor is to invite all parties to care and love nature more. Just like short message uploaded on his FB account is "Enjoy the beauty without damaging / polluting it. Keeping Nature = (equal to) Taking Care Future!". Congratulations, brother, and what I done is helping you in writing a simple words because there is no other word that can be said for this activity. Extraordinary.



Artikel By Ketut Rudi
Photos and Video by Bastel Photography
Special thanks To Elgyzel Glen Ndjukambani and Bastel Team
May God Bless You and team

No comments:

Post a Comment