Sunday, December 9, 2018

Mata Air Baumata Kupang Nusa Tenggara Timur (Spring of Baumata Kupang East of Nusa Tenggara )


Air merupakan zat yang luar biasa sebagai rahmat Tuhan. Air keluar dari sumbernya dengan kualitas yang jernih kemudian mengalir, beriak, berkelok-kelok melalui berbagai hambatan terhadap aliran yang dilalui. Keberadaan air di alam ini sangat tergantung kepada lingkungan alam sekitarnya dan daerah yang dilaluinya, yang secara terus menerus mengalir mengikuti siklus hidrologi atau siklus air yang bergerak dari laut ke daratan dan kembali lagi ke lautan dan seterusnya.

Water is an extraordinary substance of God's grace. Water comes out from it's source in clear quality and then flows, ripples, winding through various obstacles of it's routes passed. The existence of water in nature is very dependent on surrounding natural environment and area passes through, which continuously flows following the hydrology cycle or cycle of water that moves from sea to land and returns back to the ocean and so on.




Air dapat digunakan untuk berbagai kepentingan dalam kehidupan manusia, bahkan seluruh mahluk hidup pasti membutuhkan air. Manusia dalam hidupnya yakni mulai untuk kebutuhan pribadi seperti minum, mandi cuci, sampai kepada kebutuhan yang lebih besar yakni  irigasi, pertanian, kehutanan, industri, pariwisata,  dan masih banyak lagi kegiatan yang membutuhkan air. 

Water can be used for various purposes in human life, even all living things also need water. Humans in their lives are starting for basic personal needs such as drinking, bathing washing, to the greater needs of irrigation, agriculture, forestry, industry, tourism, and many more activities that require water.




Seperti dalam ilustrasi pada artikel ini, sebuah mata air yang terletak di Baumata Kupang selain dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi juga telah dimanfaatkan menjadi obyek wisata kolam renang yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kupang untuk belajar berenang atau berlibur saat weekend. Bahkan banyak pengunjung menuju ke sumber mata airnya yang berada melewati pekarangan warga sekitar. Memang pada sumber mata air baumata terdapat hutan yang cukup indah dengan hawa yang sejuk pastinya mengundang siapa saja untuk ikut berendam di air yang segar dan bersih. Dekat dengan mata air ini terdapat pabrik air minum dalam kemasan yang bernama Aquamor yang telah berhasil dijual di seluruh Kota kupang dan sekitarnya. 

As in illustrations on this article, a spring located in Baumata Kupang which besides being used for irrigation needs, it has also been used as a swimming pool  that can be enjoyed by local Kupang people to learn swimming or vacation on weekends. In fact, many visitors go up to the source of the spring which is passing through the surrounding residents' yard. Indeed, in Baumata springs there are quite beautiful forests with cool air which surely invites anyone to take a dip in fresh and clean water. Close to this spring is a bottled water factory called Aquamor which has been sold throughout the city of Kupang and surrounding areas.



Di balik keindahan yang dihasilkan air, bahwa perlu menjadi perhatian bahwasannya air juga merupakan sumber konflik, terutama untuk masalah pembagian air di daerah-daerah aliran air bahkan bisa menyebabkan konflik antar negara yang tidak mempunyai cukup sumber air, khususnya untuk pertanian dan air minum. Air juga dapat berlebih jumlahnya di beberapa daerah, sehingga terjadi banjir dan sebagian lainnya dapat mengalami kekeringan karena kekurangan air.

Behind the beauty that water produces, then should be brought to our consideration that water is also a source of conflict, especially problem of water distribution in watersheds and can even cause conflicts between countries that do not have enough water resources, especially for agriculture and drinking water. Water can also be excessive in some areas, causing flood and in other hand experienced drought due to lack of water.



Pengawasan terhadap ketersediaan air perlu lebih ditingkatkan lagi beserta usaha untuk menjaga kelestarian alam melalui larangan penebangan pohon dan pembakaran hutan karena akar-akar tanaman yang tetap menjaga air tidak hilang. Bahkan kalau perlu dilakukan tindakan tegas berupa denda atau hukuman agar kualitas air permukaan sepanjang aliran tetap bersih karena budaya membuang sampah pada tempatnya bukan ke sungai. Saya membayangkan aliran sungai Baumata yang jernih ini sampai ke kota, maka cukup indah Kota kupang ini.

Further, supervision on water availability needs to be enhanced along with efforts to preserve nature through prohibition of logging and burning forests because plant roots will keep water and avoid lost. Even if  necessary to take strict action in the form of fines or penalties so that the quality of surface water along the flow remains clean because the culture of disposing garbage in its place is not to the river. I imagine that the clear flow of Baumata River reaches the city, so city of Kupang will be more beautiful.



Article and Photos By ketut Rudi



Song : Indra Lesmana ft. Eva Celia - Takkan Ada Cinta yang Lain @ Mostly Jazz 31/01/14 

No comments:

Post a Comment