Saturday, March 2, 2019

Publikasi Bebas Di Jaman Sekarang, Publikasi Positif Mampu Membangun Negri (Free Publication On This Era, Positive Publications Are Able to Develope Our Country)


Kini sungguh berbeda saat saya masih kecil beberapa puluh tahun yang lalu. Perkembangan pesat dalam dunia teknologi terjadi seperti salah satunya adalah adanya media sosial yang telah berkembang dimasyarakat dan tidak hanya untuk golongan masyarakat tertentu saja, tetapi telah mengisi seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat sekarang sudah sangat familiar dengan adanya media sosial yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan dirinya melalui media sosial ini, hal ini jelas dapat memberikan pengaruh terhadap adanya kehidupan bermasyarakat di Indonesia terutama bagi masa depan bangsa Indonesia.

Now, situation is really different compared to when I was child a few decades ago. The rapid development in the world of technology occurred as one of them is the existence of social media that has developed in the community and not only for certain groups of society, but has filled the whole layer of society. The community is now very familiar with the existence of social media that can be used to communicate and express themselves through, this clearly can have an influence on the existence of community life in Indonesia, especially for the future of the Indonesian nation.


Photographing The Beauty of The beach
Anak-anak lebih mengenal menonton aneka film dalam youtube ketimbang bermain kelereng atau menangkap kodok. Saya pun demikian pasti kena pengaruhnya. Saat weekend semua anggota keluarga saya ajak berwisata ke sebuah daerah yang indah dan akhirnya kegiatan fotografilah yang paling digemari. "Hanya untuk memenuhi kebutuhan upload status pada facebook" inilah menjadi tujuan utama kegiatan wisata ini. 

Children are more familiar with watching various films on YouTube than playing marbles or catching frogs. Me too also affected. At the weekend I took all of my family members to take a travel to a beautiful area and finally the photography activities were the most liked activity. "Only to fulfill the upload status requirements on Facebook" is the main goal of this tourism activity.

Photographing The Photographer

Tidak ada yang bisa saya lakukan, namun foto-foto ini akhirnya saya gunakan untuk menulis konten-konten yang baik agar menjadi berguna. Saya mulai ajari keluarga untuk menggunakan media facebook ini sebagai contohnya untuk mempromosikan daerah wisata dan anak-anak serta keluarga gemar melakukan hal ini meski ada rasa sombong bahwa kita mampu mengunjungi daerah wisata yang kita kunjungi dengan biaya yang mahal atau dengan istilah lainnya suka pamer. Ini adalah salah satu contoh konten dalam media sosial dan masih banyak konten-konten lainnya. Sekarang banyak orang yang mengemukakan sebuah konten yang diibaratkan berbicara tanpa diatur serta kearah menghujat pihak lain atau pemerintah tanpa dasar yang jelas dan ini tentunya menjadi sebuah hal yang serius dapat memberikan dampak secara makro. Anak-anak muda yang disebut generasi muda sebagai pengguna media sosial terbesar dapat terpengaruh dengan adanya kebebasan media di jaman modern ini. Harus ada usaha dari segenap pihak namun meski sudah dilakukan kadangkala hal-hal yang jelek lebih disukai dan sukar dikalahkan. Apakah ini sebuah pertanda bahwa setan telah berjumlah banyak dan hanya satu malaikat yang menghadapinya?. Tidak ada yang tau dan inilah dunia milenial.

There is nothing I can do, but I finally use these photos to write good content in order to make it useful. I began to teach my family to use this Facebook media as an example to promote tourist areas and they love to do this even though there is a sense of arrogance that showing we are able to visit tourist areas with expensive fees or other terms like showing off. This is one example of content on social media and many other content. Now many people express contents that is likened to talking without being regulated and towards blaspheming other parties or government without a clear basis and this is certainly a matter that can seriously give an impact on a macro basis. Young people who are called the younger generation as largest users of social media can be affected by the presence of  freedom media in modern times. There must be effort by all parties, but even though it has been done sometimes bad things are preferred by many people and hard to beat. Is this a sign that Satan has a large number and only one angel to face it? Nobody knows and this is the millennial world.







Ketut Rudi
Location : Tanjung Toda Sulamu NTT Indonesia




Jikustik - Puisi | Nufi Wardhana Cover

No comments:

Post a Comment